Petan / Metani Itu Mencari Sesuatu

Petan Itu Mencari Sesuatu
PETAN itu dari kosa kata Bahasa Jawa yang artinya Mencari Kutu. Dan yang lebih umum kata PETAN dipakai untuk orang yang sedang mencari kutu dan lingso (telur kutu) di kepala.
Sekarang ini sudah sangat jarang ditemukan orang yang sedang melakukan aktifitas PETAN. Mungkin karena hampir semua masyarakat sudah lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan khususnya kebersihan kepalanya.

Pada sekitar Sepuluh Tahun yang lalu di daerah pedesaan masih sering dijumpai sekumpulan orang yang sebagian sedang PETAN. Biasanya yang melakukan aktifitas seperti itu adalah para wanita. Sambil ngrumpi sana sini biasanya mereka saling METANI antara satu sama lain. Mungkin bisa jadi sebagai pasangan aktifitas yang seiring sejalan. Tangannya sibuk beraktifitas METANI (mencari kotoran) kutu dan lingso di kepala temannya, sedang bibir dan muludnya juga sibuk (Naudubilahimindzalik) METANI (Mencari kekurangan dan kejelekan) orang lain.

Petan dan Metani tidak hanya dilakukan oleh manusia saja. Tetapi kegiatan dan aktifitas ini juga dilakukan oleh hewan. Misalnya saja Monyet. Sering kan kita lihat di foto / gambar atau di acara TV ada monyet yang sedang petan dan saling metani satu sama lain. Petan juga juga dilakukan oleh dua spesies makhluk yang berbeda. Misalnya saja seekor burung yang sedang mencari kutu di punggung kerbau juga bisa disebut Petan dan Metani.

Dalam perkembangannya kata Petan dan metani tidak hanya suatu kegiatan untuk mencari kutu dan kotoran pada manusia atau hewan saja. Tetapi banyak aktifitas lain yang juga sering disebut petan. Contohnya saja seorang petani yang sedang memeriksa tanaman sayurnya dan membersihkannya dari ulat dan jamur juga sering disebut Petan.
Dan juga seperti salah satu kalimat di salah satu paragraf diatas, mencari cari kekurangan dan kejelekan orang lain juga bisa disebut METANI ALAne tanggane (Mekurangan tetanggnya).

Itulah kata PETAN dan METANI bisa digunakan dalam berbagai kegiatan dan keadaan.

Hanya saranku untuk yang sedang pacaran seperti dalam gambar di atas ...
PETANONO PACARMU SAKDURUNGE RABI
BEN NGERTI APIK LAN ELEK E
TIMBANG MENGKO GETUN MBURI.
"Kenalilan kekurangan dan kelebihan pacar anda sebelum menikah,
Daripada nanti menyesal di kemudian hari"

Semoga Bermanfaat.

Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: