Cerita Hantu Tidak Seram : Medi Colok

Cerita Hantu Tidak Seram : Medi Colok
Jalan Kalen Katir Di Malam Hari
Cerita hantu ini adalah kejadian dari pengalamanku sendiri. Seperti  judul di atas, walaupun ini adalah cerita hantu tetapi tidak serem sama sekali.
Banyak orang menyebut hantu yang satu ini dengan nama MEDI COLOK. Kalau bahasa Indonesianya "HANTU LAMPU SENTER". Bukan hanya aku saja yang pernah menemui penampakan medi colok ini. Tetapi beberapa orang sudah pernah menjumpainya. Hantu yang satu ini sering menampakkan dirinya kepada orang yang sedang mengairi sawahnya di malam hari di Tanah Bengkok Desa Sundul khususnya di sebelah timur dari daerah Seklatak dan Segudig.

Penampakan hantu ini hanya berupa sinar atau cahaya seperti sebuah lampu senter yang berjalan kesana kemari di bawa oleh orang, tetapi tidak ada wujud orangnya. Cahaya senternya tidak begitu terang, hanya redup saja seperti lampu senter yang battrey-nya hampir habis.

Langsung saja inilah ceritaku saat aku bertemu dengan penampakan hantu / medi colok di jalan Kalen Katen yang menghubungkan antara Dukuh Sundul 1 dan Dukuh Jambu Desa Sundul.

**
Malam itu aku mengairi sawah dengan mesin pompa dari sumur bor yang ada di bawah tanjakan Seklatak. Anda yang berdomisili di sekitar Sundul pasti tahu betul daerah tersebut. Tempat itu memang sudah terkenal dengan keangkerannya dan cerita hantunya.

Sekitar jam 12 malam, aku perkirakan bahan bakar bensin mesin pompaku akan segera habis. Maka aku dengan sepeda motor menuju sawah untuk mengontrol sampai dimana air yang sudah aku alirkan. Selepas Pasar dan Puskesmas, aku melihat di jalan Kalen Katir sawah bengkok ada cahaya yang berjalan dari arah timur. "Wah ada temannya" pikirku dalam hati. Sampainya di tempat mesin pompa berada ternyata aku dapati mesin pompa yang untuk menyedot air dari sumur bor sudah dalam keadaan mati. Pikirku mungkin bensinnya sudah habis atau mesin pompaku ngadat lagi.

Karena Mesin Pompa sudah mati, maka aku teruskan saja laju motorku ke sawah ke arah cahaya yang baru saja aku lihat. Tetapi sampai di sawah aku tidak menemukan apapun dan siapapun. Aku mencoba memanggil- manggil kalau saja ada orang di sekitar situ. Aku mencoba tengok sana sini  dan dengan senterku yang lumayan terang aku arahkan ke segala arah, tetapi tetap tidak aku temukan siapapun. Di sawah itu aku hanya seorang diri.
Di dalam pikiranku hanya ada pertanyaan, "dimanakah orang yang membawa senter tadi?".

Beberapa saat aku baru menyadari kalau yang itu tadi mungkin penampakan Medi Colok atau HANTU LAMPU SENTER yang sering diceritakan oleh orang-orang.
**

Itulah cerita pengalamanku malam itu saat melihat penampakan Medi Colok seperti yang sering diceritakan orang-orang. Dan pengalaman ini bisa jadi pengalaman satu satunya saat bertemu dengan penampakan hantu tanpa ada rasa takut sama sekali dan bulu kudukku-pun tidak sampai berdiri. Biasanya kalau mau menemui hal seperti itu bulu kuduk pasti berdiri duluan. Tetapi yang satu ini tidak berdiri sama sekali.

Sungguh pengalaman melihat penampakan hantu yang tidak menakutkan dan tidak seram sama sekali.
Oh .... Medi Colok.
Menampakkan diri kok kepada orang yang sibuk mengairi sawahnya. Ya nggak ngefek, kami sudah jauh dari rasa takut.
Coba kalau menampakkan diri kepada orang yang suka pacaran di pinggir jalan sawah tersebut. Mungkin ceritanya akan lain. Mungkin mereka juga tidak takut dengan hantu, tetapi minimal mereka akan takut karena ada yang memergoki pacarannya atau perbuatan menyimpang mereka.

Semoga cerita ini bisa menambah koleksi wawasan anda tentang model dan tipe berbagai macam hantu di Indonesia ini.
Sundul

Artikel Terkait



Comments
3 Comments

3 komentar:

Wong Crewchild said...

unik medinya

tuh malah membantu penerangan kalo nggak bawa senter :)

jhonthit said...

opo sejenis banaspati kui yo

Harjono Rido said...

opo sejenis banaspati kui yo