Ojo Milik Barang Kang Melok

Ojo Milik Barang Kang Melok
“Ojo Milik Barang Kang Melok
Ojo Mangro Mundak Kendo”
"Jangan mudah tergiur oleh sesuatu yang tampak bagus dan indah, dan jangan cepat berubah pikiran agar tidak menyesal pada akhirnya"
Filsafat jawa yang satu ini mengingatkan kita agar punya pendirian hati atas suatu pilihan atau keyakinan untuk tidak mudah berubah pikiran atau pendirian hanya karena ada sesuatu yang lain yang tampaknya lebih baik dari pilihan sebelumnya. Karena penampilan itu kadang menipu,  sesuatu yang tampak baik dari luarnya belum tentu bisa lebih bermanfaat untuk kita.

Mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat banyak bahwa mereka sangat mudah tergiur atau tergoda oleh sesuatu yang tampaknya bagus dan indah. Dan kebanyakan dari mereka tidak mempertimbangkan akan kualitas, manfaat dan kegunaannya. Ketertarikan mereka hanya didasari dari melihat tampilan fisiknya saja. Dan pada akhirnya penyesalan akan datang di kemudian hari.

Beberapa contohnya seperti ini :
  1. Seseorang yang sudah memiliki pekerjaan yang mapan banyak yang tergiur oleh pekerjaan lain yang dikira lebih baik, lebih menjanjikan gaji yang besar dan dapat menjanjikan kehidupan di masa depan. Tetapi mereka tidak memikirkan apakah pekerjaan yang baru tersebut sesuai dengan skill dan kemampuan mereka serta nyaman tidaknya kalau dia bekerja di lingkungan yang baru. Setelah pindak kerja biasanya baru menyadari kekeliruannya akan keputusannya untuk berganti pekerjaan.
  2. Contoh lainnya, seseorang yang kepingin punya pasangan hidup. Banyak orang yang memilih pasangan hidup ini secara angger, asal-asalan dan sing penting oleh. Yang dilihat hanya rupa atau wajah yang cantik dan ganteng, fisiknya yang oke, sexy, atletis tanpa memikirkan  seperti apa kebiasaan orangnya, bagaimana perilakunya setiap hari, sebaik mana agamanya dan sebagainya. Orang seperti itu biasanya akan mengalami penyesalan setelah melakukan pernikahan. Segala kekurangan dan keburukannya semakin kelihatan semuanya. Bagai "Arjuna Bertaring Drakula"
  3. Dan masih banyak lagi contoh-contok lakon kehidupan di sekitar kita yang memberikan pelajaran kepada kita semua bahwa memutuskan suatu hal tanpa ada pertimbangan yang baik dan cenderung tergesa-gesa akan menemui penyesalan di kemudian hari.
Jadi sekali lagi mari kita berhati hati lagi dan “Ojo Milik Barang Kang Melok Ojo Mangro Mundak Kendo".
Untuk melangkah dan mengambil keputusan harus lebih  berhati-hati, perlu pertimbangan yang matang guna mendapatkan keputusan yang baik dan benar sehingga bisa meminimalisir resiko kesalahan dan akhirnya tidak ada lagi penyesalan yang berkelanjutan.

Jadi ....  Ojo grusa grusu mundak getun mburi .... Njerone durung karuan apik koyo ketok e. Ibarat buah tomat sing abang kunyus-kunyus, nanging njerone kebak uler lan set e.
Jangan terlalu berfikir pendek sebab penyesalan akan dipetik di kemudian hari. Ada baiknya segala sesuatu perlu dipikir lebih panjang baik dan buruknya serta manfaat dan tidaknya yang akan kita lakukan.

Semoga Bermanfaat. Aamiin



Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: