Kecelakaan Di Magetan Haruskah Di Hebohkan

Kecelakaan Di Magetan Haruskah Di Hebohkan
Seringnya terjadi kecelakaan Lalu lintas di daerah Magetan menjadikan topik pembicaraan yang hangat di dunia maya. Seculi berita kecelakaan tersebut oleh sebagian orang sengaja dibesar besarkan untuk menjadikannya topik yang banyak dibicarakan di dunia maya.
Yang lebih parah lagi banyak yang menghubungkan dan mengasumsikan terjadinya kecelakaan tersebut dengan sesuatu yang sifatnya mistis dan tidak beralasan sama sekali.

Misal saja seringnya kecelakaan di Magetan tersebut dikatakannya sebagai tumbal dari sesuatu yang sebenarnya juga tidak jelas apa itu. Sedikit sedikit dikatakan kalau tempat itu minta tumbal, atau tumbal dari yang ini, yang itu dan bla bla bla lainnya.
Ada juga yang mengisukan kalau seringnya kecelakaan di Magetan karena orang Magetan terlalu banyak dosanya, seakan akan hanya orang Magetan saja yang banyak dosa, dan orang daerah lain tidak banyak berdosa.
Dan yang lebih parah lagi ada yang mengatakan kalau Magetan adalah Kota Sial, suatu daerah yang penuh kesialan.

Apakah mereka yang berasumsi macam-macam tersebut adalah salah?
Jawabannya tentu tidak. Kebebasan berbicara dan berpendapat juga ada perlindungannya.

Tetapi apakah hal yang seperti itu perlu dihobohkan dan dibesar besarkan sampai seperti itu?

Kalau berbicara tentang kecelakaan lalu lintas, pastinya di mana mana sering terjadi. Semakin banyaknya kendaraan bermotor menjadikan jalan raya menjadi sangat sibuk yang memungkinkan akan lebih sering terjadi kecelakaan. Dan pastinya bukan di Magetan saja kan yang sering terjadi lakalantas. Di daerah lain juga sering terdengar berita terjadi kecelakaan.

Kalau di Magetan terkesan terlalu sering terjadi kecelakaan yang membawa banyak korban di dunia maya, itu bisa jadi bukan karena lakalantas di Magetan lebih banyak atau lebih sering terjadi dari daerah lainnya. Bisa jadi karena orang Magetan memang sudah lebih aktif dalam menyampaikan atau berbagi berita atau kejadian-kejadian di sekitarnya pada akun jejaring sosial miliknya di internet.
Sering kan menjumpai teman yang berbagi kejadian kecelakaan, bunuh diri, pembunuhan, ini dan itu di Jejaring Sosial yang kita miliki. Sudah pasti berita seperti itu akan menjadi topik pembicaraan yang ramai dan hangat..
Dan share kejadian seperti itu juga membantu teman-teman wartawan media sosial untuk lebih cepat menemukan Tempat Kejadian Perkara dan meliputnya sebagai berita di media sosialnya masing masing. Karena seringnya orang berbagi berita maka seakan akan di Magetan menjadi daerah yang paling sering terjadi Kecelakaan Lalu lintas melebihi daerah lainnya.

Tradisi ikut ikutan dari banyak orang juga ikut andil dalam membesar besarkan masalah di media sosial. Karena berita seperti itu banyak yang membicarakan maka lebih banyak lagi yang ikut ikutan berbicara. Jadi beritanya bisa menjadi lebih hangat dan tambah heboh lagi. Berita yang biasa jadinya menjadi sangat luar biasa dan menghebohkan.

Jadi pada intinya, tidak sepantasnyalah menghebohkan dan membesar-besarkan sesuatu yang memang tidak besar, dan  mengasumsikan serta menghubungkan kejadian itu dengan hal hal yang tidak semestinya.
Seharusnya hal seperti itu cukup kita jadikan sebagai peringatan kepada diri kita sendiri agar lebih berhati-hati, mawas diri, tidak sombong, takabur dan riya', karena musibah dan kematian bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Mari kita menyikapi hal seperti itu dengan sewajarnya saja dan apa adanya.

Selamat Pagi dan Selamat beraktifitas.
Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: