Jangan Seperti Benalu Yang Tak Tahu Malu

Jangan Seperti Benalu Tak Tahu Malu
Benalu di Pohon Jati
Hidup kita hanya sekali. Jangan lah kita menjalani kehidupan kita ini seperti hidup benalu yang seakan tidak tahu malu. Selalu merugikan siapa saja yang berada di dekat kita.
Apakah itu Benalu yang bahasa latinnya Loranthus, suku Loranthaceae?
Benalu adalah tumbuhan parasit yang menggantungkan hidupnya pada tumbuhan lain. Benalu tidak bisa hidup kalau tidak ada dahan atau pohon yang dapat ditumpanginnya. Dan baik tidaknya hidup benalu juga tergantung dari pohon yang ditempelinya.

Tetapi banyak orang yang memang memerankan hidupnya dan menempatkan dirinya gabaikan benalu yang memanfaatkan kebaikan orang lain untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak banyaknya.
Memanfaatkan kebaikan orang lain itu memang sah sah saja. Tetapi kalau sampai memanfaatkan dan membabi buta dan tidak sewajarnya dan akibatnya sangat merugikan orang yang dimanfaatkannya, itu adalah hal yang sesungguhnya sangat memalukan. Kecuali memang kalau orang tersebut sudah tidak punya rasa malu sama sekali.

Bagaikan mengambil kesempatan dalam kesempitan. Ada peluang yang sangat menguntungkan walau hanya sesaat pasti akan diambilnya. Tidak peduli orang lain bahkan teman dan saudaranya sendiri menjadi korban dari keserakahannya.  Dan tidak memikirkan akibat dari perbuatannya di kemudian hari.

Sebenarnya mereka yang menempatkan dirinya sebagai benalu tidak mengerti atau tidak mengetahui kalau tindakannya itu sangat merugikan orang lain dan membuat malu dirinya sendiri?
Pada dasarnya semua manusia oleh Alloh dibelaku perasaan malu. Tetapi karena berbagai alasan yang  kadang dibuat buat sendiri, mereka mengabaikan rasa malu tersebut. Dan biasanya rasa malu yang didapatkan akan ditutupi pula dengan perbuatan yang tidak dibenarkan biar orang lain lebih cepat melupakan dan mengabaikan malu yang sudah didapatkannya. Misalnya saja dengan suatu kebohonga, membolak balik fakta dan bahkan jalan fitnah sengaja ditempuhnya untuk menutupi malu yang ada dari orang lain.

Hidup sebagai benalu sepertinya sudah menjadi penyakit masyarakat yang berbahaya dan apabila tidak ada penanggulangannya maka penyakit tersebut akan mudah menular kapada orang lain dan akan menjadi penyakit masyarakat yang sangat membahayakan.
Dan pada gilirannya akan  membuat jumlah orang yang seperti benalu akan terus bertambah. Artinya, orang hidupnya hanya ingin merugikan hidup pada orang lain akan semakin banyak dan akan semakin sulit pula diatasi.

Salah satu penangkal dari penyakit benalu adalah menanampan rasa malu kepada masyarakat dan budaya malu pada para benalu agar mereka sadar bahwa hasil usaha sendiri itu lebih afdol dari pada pemberian orang lain.. Dengan adanya rasa malu, kita akan lebih berhati hati dalam bertindak agar tidak menimbulkan aib yang berkepanjangan kepada kita sendiri. 

Itulah sedikit contoh kekejaman benalu. Dia menginginkan tetap tumbuh subur walaupun dahan dan pohon yang ditumpanginya menjadi kering meranggas dan tidak berdaya.
Sungguh kehidupan yang sangat memalukan dari orang orang yang sudah tidak tahu malu.  
Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: