DAM Jambu Dibuka Guna Perbaikan Tanggul Sungai

DAM Jambu Dibuka Guna Perbaikan Tanggul Sungai
Desa Sundul, Minggu 22 September 2013. Pintu air dari DAM Jambu Desa Sundul pada hari ini dibuka. Di bukanya pintu air DAM ini bukan karena akan datangnya musim penghujan, tetapi karena akan dibangunnya tanggul di sisi sebelah timur sungai yang masih berupa tanah yang akan dibenteng dengan permanen.

Pembangunan tanggul yang sekitar sepanjang 50 meter ini tidak akan bisa dikerjakan kalau volume air di sungai tetap tinggi. Jadi dengan terpaksa pintu air Dam harus dibuka sebelum waktunya.

DAM Jambu Dibuka Guna Perbaikan Tanggul Sungai
Seperti biasanya apabila Pintu Air DAM dibuka, banyak warga sekitar sungai meramai ramai mencari ikan. Memang di sungai yang membelah Desa Sundul ini selalu ditebari benih ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten Magetan sehingga apabila pintu air di buka akan banyak ikan di sepanjang sungai yang dengan mudah ditangkap hanya dengan menggunakan pengki/cikrak dan juga jaring kecil atau serok ikan.

DAM Jambu Dibuka Guna Perbaikan Tanggul Sungai
Tetapi pembukaan Pintu air kali ini tidak memuaskan warga sekitar. Keberadaan ikan yang ada di sungai tidak seperti yang diharapkan oleh warga sekitar. Ikan yang ada masih kecil kecil dan tidak sebanyak sebelumnya. Ada banyak faktor yang mengakibatkan berkurangnya ikan yang ada di sungai ini. Selain memang penebaran benihnya belum lama, juga karena sering ada orang yang berusaha menangkap ikan di sungai dengan menggunakan obat racun ikan atau potas dan menangkap ikan dengan menggunakan arus listrik/setrum yang mengakibatkan benih ikan dan anakannya mati. Jadi banyak warga yang ikut mencari ikan tidak mampu mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Sebenarnya sudah ada larangan untuk meracuni ikan di sungai dan juga menyetrumnya. Tetapi tetap saja ada orang yang tidak bertanggung jawab melakukan hal itu hanya mengharap kesenangan sesaat.
Semoga di kemudian hari warga sekitar sungai bisa menjaga kelestarian sungai dari tindakan yang tidak bertanggung jawab tersebut, sehingga nantinya apabila sudah tiba waktunya pembukaan pintu air DAM Jambu Desa Sundul di waktu yang akan datang akan didapati banyak ikan.
Sundul

Artikel Terkait



Comments
1 Comments

1 komentar:

Pak Rudi said...

BUAT SAUDARA PUNYA PERMASALAHAN EKONOMI;HUB AKI SANTORO, KARNA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN BANTUAN AKI SANTORO, INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUB AKI SANTORO DI NO 0823_1294_9955, ATAUKLIK DISINI