Kecerobohan Adalah Awal Dari Penyesalan

Sikap berhati hati itu sangatlah penting. Kapanpun dan dimanapun kita berada,  sudah seharusnya bersikap lebih berhati hati walaupun itu adalah hal yang sepele dan tidak penting. Karena kecerobohan adalah awal dari penyesalan.
Mari kita mencoba menyimak foto di bawah ini.
Kecerobohan Adalah Awal Dari Penyesalan
Seperti yang tampak pada foto diatas, betapa cerobohnya orang itu. Coba perhatikan saja pada foto yang aku tandai dengan lingkaran merah pada foto di atas.

Pada saku sebelah kiri tampak anak kunci entah untuk mobil, atau sepeda motor atau mungkin juga kunci rumah. Pada posisi seperti itu sudah pasti  menunjukkan betapa cerobohnya dia. Tindakan mengantongi anak kunci seperti itu memungkinkan barang tersebut bisa terjatuh dan hilang.

Pada saku kanan tampak sebuah dompet yang ukurannya lebih panjang dari kedalaman saku celana sehingga separo dari dompet berada di luar saku. Hal seperti itu juga bisa mengurangi keamanan dari dompet itu sendiri. Kemungkinan jatuh atau dicopet oleh pencopet pasti sangatlah besar prosentasinya. Jadi tindakan seperti itu juga dikategorikan suatu perbuatan sangat ceroboh.

Jadi kecerobohan seperti itu sepantasnya kita jauhi sehingga memperkecil kemungkinan kita kehilangan barang yang sangat penting bagi kita.
Kalau anak kunci tersebut sampai jatuh, sudah pasti kita akan kerepotan untuk menghidupkan kendaraan kita atau membuka pintu rumah kita, sehingga sudah pasti sangat menambah kerepotan di kehidupan kita.
Kalau dompet yang ada di saku kita sampai jatuh atau di copet orang sudah barang tentu kita akan kelimpungan. Uang kita ikut melayang, dan surat surat penting dan identitas diri juga terbang entah kemana.

Jadi solusi yang terbaik bagi kita adalah lebih meningkatkan lagi kewaspadaan dan kehati hatian  kapanpun, dimanapun dan dalam situasi apapun sehingga tidak terjadi penyesalan pada diri kita.
Kalaupun kita sudah berhati hati tetapi masih tetap saja kehilangan barang kita, mungkin semua itu memang sudah takdir yang harus kita jalani. Yang penting kita sudah berusaha untuk lebih berhati hati dan waspada.

Bukan hasil akhir yang dinilai. Tetapi usaha dan ikhtiar itulah yang sebenarnya bernilai tinggi. Karena hasil akhir dari tindakan kita hanya Alloh yang menentukannya.

Semoga bermanfaat dan salam blogger dari Sundul Parang Magetan.
Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: