Mari Belajar Koreksi Diri Kita Sendiri

Daripada kita menyibukkan diri untuk mengoreksi orang lain, mari kita belajar untuk koreksi diri kita sendiri. Manusia tidak ada yang sempurna. Pasti masing masing punya kekurangan dan kelebihan. Termasuk diri kita sendiri pasti punya kekurangan dan juga kelebihan dibandingkan orang lain.
Kalau kita sendiri saja masih banyak kekurangan, mengapa kita harus menyibukkan diri untuk mengoreksi kekurangan orang lain. Sungguh tidak ada untungnya apabila kita hanya mencari cari kekurangan orang lain. Justru kita akan semakin terjerumus ke arah sifat yang sangat buruk seperti sifar iri, dengki, serik dan sebagainya.

Akan lebih baik kalau kita menyibukkan diri untuk mengoreksi pribadi kita sendiri. Kita akan lebih tahu akan kekurangan yang kita miliki dan pada akhirnya kita bisa berusaha untuk memperbaikinya.
Akan banyak manfaatnya kalau kita bisa mengetahui kekurangan yang kita miliki. Diantaranya :
  • Dengan mengoreksi diri kita sendiri, kita menjadi tahu mengenai ukuran diri kita baik itu mengenai kekurangan ataupun kelebihan yang ada dalam diri kita sendiri dan kita pun akan lebih tahu, “apa aja yang perlu dibenahi dalam diri kita ini?”.
  • Kita punya motivasi belajar yang tinggi untuk bisa memperbaiki kekurangan dan kelemahan yang ada pada diri kita.
  • Dengan mengetahui kekurangan yang dimiliki, kita bisa lebih rendah hati, menjaga baik budi pekerti dan tidak mudah menjelekkan orang lain sehingga dalam pergaulan sehari hari kita bisa lebih baik dan sudah pasti akan banyak juga yang menyukai, menyayangi dan menghargai kita.
Dengan belajar mengoreksi diri kita sendiri, kita bisa membawa parubahan yang lebih baik pada pribadi kita sendiri dan selanjutnya pada lingkungan sekitar kita. Dan semua itu memungkinkan akan membawa perubahan kearah yang lebih baik pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jadi untuk apa kita menyibukkan mengoreksi kekurangan orang lain yang jelas tidak ada guna dan faedahnya. Lebih baik koreksi kekurangan diri kita sendiri saja. Orang hebat itu bukan orang yang pandai mencari kesalahan orang lain. Tetapi orang hebat itu adalah orang yang pandai menemukan kesalahan dirinya sendiri.

Sulit memang untuk mengoreksi diri sendiri, seperti kata pepatah "Debu di pelupuk mata tidak tampak, gajah di seberang lautan tampak". 
Walaupun sulit kita tetap harus mencobanya.
Sundul

Artikel Terkait



Comments
4 Comments

4 komentar:

BlogS of Hariyanto said...

setuju..harus berani koreksi diri sendiri, baru koreksi orang lain...itu namanya beretika :-)

Obat Tradisional Insomnia said...

intropeksi diri itu memang penting

Mang Lembu said...

saya terpesona dengan poin no. 3, pas banget dengan banyak terjadi akhir akhir ini dicilembu.
sangat mudah diucapkan, tapi koreksi diri itu susah dilaksanakan.

Bintang said...

Koreksi diri biar hidup lebih bersahaja