Bayi Gigi Taring Tumbuh Duluan

Di saat usia 6 bulan, gigi anakku Bintang Atafathir Al Kautsar mulai tumbuh. Yang pertama tumbuh adalah gigi bawah bagian tengah jumlahnya 2 buah. Kebanyakan bayi memang seperti itu. Tetapi yang aku rasakan agak aneh disaat dia menginjak usia 7 bulan. Ada tanda tanda giginya yang bagian atas akan tumbuh lagi. Tetapi anehnya, yang tumbuh bukannya dua gigi bagian tengah, tetapi yang tumbuh adalah 2 gigi yang satu di kiri dan yang satu lagi di kanan. Jadi mirip seperti gigi taringnya yang tumbuh duluan.
Lebih jelasnya simak saja foto dia dibawah ini.
Bayi Gigi Taring Tumbuh Duluan
Foto Bintang saat usia 8 Bulan
Pada foto diatas terlihat dengan jelas tampak dua gigi atasnya yang sudah tumbuh di samping kiri dan kanan, seperti mempunyai taring.

Ada  orang di sekitarku yang menganggap ini adalah hal yang aneh. Tetapi ada juga yang mengatakan kalau hal seperti itu adal;ah hal yang biasa saja, karena setiap bayi punya pertumbuhan yang berbeda beda termasuk pertumbuhan giginya.

Aku mencoba mencari jawaban tentang bayi yang gigi taringnya tumbuh duluan di google. Dan aku mendapatkan beberapa tanya jawab tentang itu. diantaranya jawabanya seperti di bawah ini :

"Memang kebanyakkan anak tumbuh gigi bagian depan kalau bukan bawah pasti atas. tapi kadang2 ada juga yang tumbuh gigi taring. jangan risau bu, karena itu bukan sesuatu yang perlu ditakutkan. yang penting anaknya sehat dan cerdas. Anak yang tumbuh gigi memang akan sakit (demam tinggi, pilek & batuk, gusi sakit sehingga suka menggigit barang) tapi kalau giginya sudah muncul gejala itu akan hilang. jadi gak ada kaitannya dengan tumbuh gigi taring. itu hanya faktor alam saja."

"Memang normalnya pertumbuhan gigi pd bayi dimulai dari gigi seri depan atas bawah. Tapi ga usah terlalu kuatir. Normal-normal saja.
Tiap anak tidak sama,walau tidak biasa.
Kemungkinan anaknya akan berjalan dulu,omongnya lebih telat.
Bersyukurlah perkembangan motorik anaknya bagus."

Daru dua jawaban di atas sudah sangat jelas kalau ada anak atau bayi yang gigi taringnya tumbuh duluan itu adalah hal yang biasa dan tidak perlu di khawatirkan. Jadi bila bayi anda mengalami hal seperti itu tidak usah risau dan khawatir lagi. Karena hal seperti itu wajar wajar saja. Yang penting anaknya sehat dan cerdas.

Semoga Bermanfaat

Sundul

Artikel Terkait



Comments
26 Comments

26 komentar:

Tumbuh Gigi Pada Bayi said...

Posting yang cukup baik terkait dengan gigi star. Saya hanya stumbled atas blog Anda dan ingin mengatakan bahwa saya benar-benar menikmati membaca posting blog Anda. Dalam hal apapun saya akan berlangganan feed Anda dan saya harap Anda posting lagi segera!

Helga said...

sama anak saya pun tumbuh gigi taring dulu saya pun kawatir kmudian mencari jawaban digoogle,dan agak lega kalau itu hanya hal yg wajar

Helga said...

sama anak saya pun tumbuh gigi taring dulu saya pun kawatir kmudian mencari jawaban digoogle,dan agak lega kalau itu hanya hal yg wajar

Unknown said...

Sy pon sama juga

robotic said...

Wah thn 2017 byk gigi taring duluan yg tumbuh y,saya jg ngalamin dianak saya yg ke2 ini..saya kaget krn blm pernah dengar jg klo gigi taring bs tumbuh duluan..

Unknown said...

Lega rasanya,,ternyata bukan anak saya saja yg tumbuh gigi taringnya duluan,,,lebih lg itu normal² saja...

Unknown said...

Lega rasanya,,ternyata bukan anak saya saja yg tumbuh gigi taringnya duluan,,,lebih lg itu normal² saja...

Unknown said...

Ternyata ada banyak kasus seperti oni...jadi lega.

Unknown said...

Anak saya juga sama.. Taring atas dulu.. Alhamdulillah ada pencerahan. Thx

Tika said...

legaaa rasanya dapet info kayak gini. makasih ya mom 😊

Unknown said...

Mau tanya mom katanya kalok seorang anak tumbuh gigi taringnya dulu maka akan sulit mempunyai adk Krn kalok punya adk pasti adknya kalah atau (meninggal) itu fakta apa mitos ya mom? Pliss jwb soalnya saya lagi hamil anak ke dua dulu anak pertama saya tumbuh gigi taring duluan

Unknown said...

Aku pun sama mom, gigi anak ku yg tumbuh duluan gigi sampingnya. Syukurlah kalau hal ini wajar, trimakasih informasinya

Unknown said...

Alhamdulilah. Aku jg baru dapat pengalaman baru ni. Aku ibu 2 anak yg anak pertama sulu pertumbuhan giginya normal pada umumnya. Nah anak aku yg kedua ini kasusnya sm dg artikel diatas. Normal lah pertumbuhan gigi bawah duluan. Kemudian kenapa kok ada putih2 di gusi atas pasnya di gigi taring. Kirain apa. Ee gigi gisul nongol. Alhamdulilah anakku aktif sehat. Gak ada yg perlu dikhawatirkan.

Unknown said...

Kjadian sama sya rasakan saat ini,anak ke dua saya,gigi taringnya muncul satu di bagian atas, syukurlh klo tu hal yg wajar.

Unknown said...

Mitos lah..gak ada kaitannya gigi taring sama nyawa adeknya kelak hehehe hidup dan mati yg mengurus adalah tuhan.. bukan gigi taring hehehr

Unknown said...

Hehe..sama anakq jg gitu,,ehh trnyata bnyk yg sama..syukurlah kalo wajar...

Unknown said...

Hehe..sama anakq jg gitu,,ehh trnyata bnyk yg sama..syukurlah kalo wajar...

Unknown said...

Sama anak saya juga tumbuh gigi taring nya lebih dulu sebelah kiri, sempat worry karna ke dua anak saya sebelumnya tidak seperti ini, tp setelah dapat pencerahan saya jadi lega ternyata banyak juga anak yg mengalami hal yg sama.

Anonymous said...

Alhamdulillah kirain anakku aja yg gigi taringnya duluan muncul. Mana gingsul kiri lagi munculnya. Anak pertama soalnya trus munculnya pas umur 9 bulan

Unknown said...

Sama dengan anakku...

Unknown said...

Sama anak saya usia nya baru masuk 6 bulan tapi udh tumbuh gigi taring dluan

Da'ir galuh hafsari said...

Ternyata banyak kasus seperti ini ya. Jadi lega, sempet mikir mau konsul ke dsa. Tp ini anak saya yg tumbuh gigi taring kanan bagian bawah. Apa ya masih wajar ya??

Unknown said...

Kasusnya sama dengan anakku tumbuh gigi taring duluan sebelah kiri & kanan lgsg menyusul sempat kuatir sieh tp dapat jawabannya di sini jadi tenang😇

IG : Saririnjani11 said...

Sama bun anak saya juga muncul gigi taring kiri dan sepertinya gingsul :(((

Zulfaemye said...

Gimana adeknya kak? Sehat?

Anonymous said...

Anak saya sekarang mengalami seperti yang anak bunda alami dulu. Sekarang perkembangan giginya gimana bun??