2 Agenda Wisata Budaya Andalan Magetan

Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi tentang Pariwisata Magetan khususnya Wisata Budaya di Kabupaten Magetan.
Kabupaten Magetan membunyai 2 agenda wisata budaya andalan yang rutin dalaksanakan setiap tahunnya guna mengenalkan potensi wisata, makanan khas dan hasil buki dari Kamupaten Magetan.
Langsung saja baca dan kenali 2 agenda wisata budaya andalan Kabupaten Magetan di bawah ini :

1. Prosesi Andum Berkah Bolu Rahayu

2 Agenda Wisata Budaya Andalan Magetan
Andum berkah Bolu Rahayu adalah salah satu agenda rutin dari Pemerintah Kabupaten Magetan yang dilaksanakan untuk menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram (Suro). Wisata Budaya Andum berkah bolu rahayu ini selain untuk mempromosikan pariwisata Magetan dan menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Magetan juga untuk mengenalkan salah satu makanan khas dari daerah Magetan yaitu roti bolu rahayu. Dengan mempromosikan hasil industri dan pariwisata diharapkan Magetan menjadi salah satu tujuan wisata di Pulau jawa ini pada umumnya dan Jawa Timur pada khususnya.
2 Agenda Wisata Budaya Andalan Magetan
Prosesi Andum berkah bolu rahayu diawali dengan diaraknya gunung an Roti Bolu ( Roti Bolu yang disusun  menyerupai tumpeng besar) menuju alun alun Magetan bersama panganan khas magetan lainnya sebagai aburampen yang melengkapinya seperti  ampyang, jrangking, emping mlinjo, enting enting dan sebagainya.
Arak aralkan ini diikuti oleh para tokoh agama dan masyarakat dengan berpakaian adat tradisional serta didampingi oleh Bagus dan Dyah Magetan (Purta putri Magetan yang berprestasi). Acara Andum Berkah Bolu Rahayu juga dimeriahkan oleh  kirap pasukan berkuda yang merupakan perwakilan dari setiap kecamatan di Kabupaten Magetan. Dan tidak ketinggalan Dokar  atau kereta berkuda yang dihiasi begitu indah sebagai pagelaran menyambut tahun baru Hijriyah.
Setiap prosesi andum berkah Bolu Rahayu ini dilaksanakan, alun alun Magetan selalu dipenuhi oleh puluhan rimu masyarakat yang datang dari berbagai penjuru wilayah Magetan, sehingga suasana sangat meriah. Ditambah lagi dengan ramainya masyarakat yang saling berebut roti bolu rahayu saat mulai dibagikan.
Bagi yang berminat menyaksikan langsung kemeriahan Andum Berkah Bolu Rahayu, silahkan saja berkunjung sekaligus bertamasya ke Kabupaten Magetan menjelang pergantian tahun Hijriyah atau 1 muharram.

2. Larung Sesaji Telaga Sarangan
Tradisi larung tumpeng sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia ini. Di Kabupaten Magetan juga ada larung tumpeng atau labuh sesaji yang dilaksanakan di Telaga Sarangan. Larung Tumpeng / Tradisi Larung Sesaji Telaga Sarangan Magetan merupakan tradisi turun temurun yang diyakini warga setempat sebagai tanda syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi tahunan ini diadakan pada setiap Bulan Ruwah (Jawa), hari Jum’at Pon. Larung Sesaji di Telaga sarangan ini juga merupakan agenda ritun tahunan yang dibelar oleh Pemerintah Kabupaten Magetan sebagai bagian dari wisata budaya Magetan.
Upacara Tradisional dikemas dengan gaya dan tata cara yang khas sehingga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menkunjung ke tempat pariwisata Kabupaten Magetan khususnya Telaga Sarangan.
2 Agenda Wisata Budaya Andalan Magetan
Prosesi Labuh Sesaji di Telaga Sarangan ini diawali dengan kirap tumpeng Gono Bahu yaitu tumpeng raksasa yang tingginya lebih dari 2 meter dari Kantor Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan menuju tepi Telaga Sarangan. Kirap tumpeng ini diiringi oleh iring iringan putri domas (putra putri Dyah dan Bagus Magetan), Prajurit (pemuda dari warga sekitar Sarangan), Pasukan berkuda, sertasesaji hasil bumi yang dihasilkan dari persawahan sekitar Plaosan Magetan dimana Telaga Sarangan berada. Tidak ketinggalan rombongan Drum Band dari anak anak sekolah yang ada di Magetan juga ikut memeriahkan arak arakan ini.

2 Agenda Wisata Budaya Andalan Magetan
Sesampainya arak arakan di tepi Telaga Sarangan dilanjutkan dengan diaraknya tumpeng dan sesaji lainnya berkeliling telaga Sarangan. Setelah berkeliling Telaga, Tumpeng Gono Bahu dan aburampen lainnya, dengan perahu boat di bawa ke tengah telaga Sarangan dan di larung.

Silahkan berkunjung ke Magetan dan nikmati tempat wasata yang ada di Magetan.  Dijamin anda akan merasa puas dan kepingin lagi berkunjung ke Magetan.

Tempat pariwisata lainnya di Magetan :
  • Telaga Sarangan
  • Telaga Wahyu
  • Air Terjun Tirtosari
  • Jalan Tembus dan perbatasan Magetan - Karanganyar
  • Dan lain sebagainya

Sundul

Artikel Terkait



Comments
2 Comments

2 komentar:

cak oni said...

kalau yang larung sesaji nih kang kadang dilakukan di daerah saya

agus bg said...

meriah banget ya mas acaranya, pasti seru