Istilah BERTANI dalam Boso Magetan

Istilah Pertanian dalam Boso Magetan
Panen Padi dengan cara di EREG
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasannya anak anak sekarang sudah tidak tertarik dengan pertanian atau dalam bertani. Terbukti sekarang ini anak anak jaman sekarang sangat jarang yang mengetahui istilah istilah dalam pertanian atau bertani yang sebenarnya masih sangat umum digunakan dalam bahasa sehari hari di daerahnya atau dalam bahasa jawa. Mungkin anak jaman sekarang sudah tidat tertarik lagi dengan profesi sebagai petani. Maka dari itu di sini aku mencoba mengingatkan kembali akan istilah istilah dalam pertanian /bertani yang umum digunakan dalam bahasa orang orang Magetan. Selain untuk tidak melupakan bahasa daerah sendiri juga mungkin saja bisa menambah wawasan anda dalam bahasa jawa khususnya bahasa sehari hari wong Magetan.
Langsung saja simak di bawah ini.

1. MACUL
MACUL dalam bahasa Indonesianya adalah mencangkul yaitu mengolah atau membolak balik tanah dengan alat CANGKUL.

2. NGLUKU
NGLUKU adalah membajak sawah sebatas membalikkan tanah dengan alat yang namanya KEJEN ( Mata Luku ). Kalau dahulu ngluku dengan bantuan tenaga hewan seperti sapi atau kerbau, tetapi seiring perkembangan jaman, NGLUKU banyak yang sudah menggunakan alat bantu traktor.

3. NGGARU
NGGARU juga membajak sawah seperti NGLUKU. Tetapi perbedaannya kalau NGLUKU hanya sebatas membalikkan tanah, tetapi kalau NGGARU adalah meratakan tanah yang sudah di LUKU agar siap ditanami benih padi.

4. PINIHAN
Kalau dalam bahasa Indonesia adalah PERSEMAIAN yaitu tempat para petani untuk menaburkan benih padi atau gabah.

5. NGALISI
NGALISI adalah mencangkul permukaan galengan/tanggul sawah (tepian petak sawah) untuk membersihkan sisa sisa rumput dan merapikan galengan/tanggul karena mungkin saja ada yang tergerus atau terkena erosi biar menjadi rapi lagi.

6. MOPOK
MOPOK adalah menambah kembali galengan sawah setelah rumput dibersihkan ( di ALISI ) dengan lumpur sawah biar lebih kuat dan rapi dan membuat tanah galengan/tanggul sawah berganti dengan tanah yang baru.

7 NDAUT
NDAUT adalah membedok atau mencabut benih padi yang sudah siap tanam ( WINEH ) dari persemaian.

8. TANDUR
TANDUR adalah menanam/menancapkan WINIH ke petakan sawah dan ditata dengan jarak yang serasi sehingga pertumbuhan padi biar lebih bagus.

9. MATUN
MATUN atau dalam bahasa Indonesia adalah Menyiangi yaitu mencabut atau membuang gulma dan tumbuhan lainnya yang ada diantara tanaman padi biar tidak mengganggu pertumbuhan padi.

10. NGGARUK
NGGARUK adalah menyiangi tanaman padi bengan menggunakan alat bantu semacam garuk yang terbuat dari plat besi yang dimodifikasi untuk memudahkan mencakar gulma yang berada diantara tanaman padi.

11. NGGEPYOK / NYABET
Nggepyok adalah merontokkan padi ( yang sudah dipanen dengan alat bantu benda keras seperti batu, mambu yang di modif sebagai media untuk merontokkan bulir padi. Caranya, satu genggap padi yang sudah di potong di pukulkan ( disabetke ) ke media tersebut sampai bulir padinya rontok semua.

12. EREG
EREG hampir sama dengan GEPYOK. Bedanya hanya media yang digunakan menggunakan semacam kincir berpaku yang diputar dengan tenaga manusia dengan dipedal dan juga bisa menggunakan tenaga diesel. Mesin alat bantu untuk merontokkan bulir padi tersebut biasa disebut namanya dengan EREG.

13. DEREP /DEREB
DEREP adalah bekerja memanen padi
Contoh : Ayo DEREP neng sawahe Pak Fulan
Artinya : Mari bekerja memanen padi di sawahnya Pak Fulan.

14. LEP
LEP adalah mengalirkan air ke petakan petakan sawah. Biasanya air dialirkan dari parit atau kanal irigasi yang didapatkan secara bergiliran.

Dan masih banyak lagi istilah istilah kegiatan dalam bertani. Tetapi sudah sangat umum dan mudah dimengerti. 
Misalnya saja :
  • Panen : Memanen Padi
  • Nyemprot : Menyemprot hama padi
  • Ngrabuk : Memupuk tanaman
Semoga mermanfaat dan menambah wawasan anta tentang istilah istilah bertani dalam bahasa jawa khususnya dalam bahasane wong Magetan.

Salam Blogger dari Desa Sundul, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Indonesia.

Sundul

Artikel Terkait



Comments
3 Comments

3 komentar:

cak oni said...

kalo didaerah saya kang pa ayeh ,, panen itu kesamaan artinya

mbogo.net said...

Lengkap banget infonya, sundul dulu gan.

aurel valency said...

mantap