Nikmat Dan Bencana Adalah Cobaan

Nikmat Dan Bencana Adalah Cobaan
Kenikmatan  yang diberikan Alloh SWT Kepada kita semua sesungguhnya adalah cobaan dari Alloh untuk menguji seberapa kuat keimanan yang kita miliki.
Begitu juga dengan Bencana yang selalu mengiringi di kehidupan kita ini juga suatu cobaan yang harus kita jalani.
Semoga kita semua mampu menjalani segala cobaan Alloh dengan ikhlas dan penuh tawakkal.

Seperti Firman Alloh yang  ada pada Surah Al A'raf Ayat 168 :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ يس

وَقَطَّعْنَاهُمْ فِي الْأَرْضِ أُمَمًا ۖ مِنْهُمُ الصَّالِحُونَ وَمِنْهُمْ دُونَ ذَٰلِكَ ۖ وَبَلَوْنَاهُمْ بِالْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Yang artinya :
Dan Kami bagi-bagi mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan; di antaranya ada orang-orang yang saleh dan di antaranya ada yang tidak demikian. Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran).

Dalam Al Qur'an Allah telah menegaskan akan selalu memberi ujian dan cobaan dalam berbagai bentuk. "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar" (Qur'an Surah Al Baqarah:155). 
Oleh karena itu sudah seharusnya manusia ber iman menyadari bahwa ujian dan cobaan berwujud apapun suatu ketika akan menghampiri dirinya. ujian berupa kesulitan dalam urusan dunia pasti akan hadir dalam berbagai wujud dan rupa. 
Ada manusia yang diuji dengan kekurangan harta, penyakit, bencana. namun ada pula manusia yang diuji dalam keadaan yang sebaliknya berupa harta melimpah, kesehatan, dan kenyamanan hidup.
Namun sesungguhnya, ujian yang terberat adalah ujian yang berkaitan dengan kehidupan akhirat. banyak manusia gagal ketika menghadapi ujian iman dan takwa kepada Allah.

Salah satu sikap terbaik adalah menyadari bahwa Allah yang Maha Rahman dan Rakhim tidak akan menguji manusia di luar batas kemampuannya. meskipun hidup ini sulit, sebesar apapun kesulitan itu pasti dapat diatasi. Karena Allah tidak akan menimpakan ujian kesulitan kepada hamba-Nya kecuali hanya sebatas kemampuannya dalam menanggung beban ujian itu.
Allah berfirman "Allah tidak membebani seseorang, melainkan sesuai dengan kemampuannya"
(Qur'an Surah Al Baqarah:286)

Semoga Bermanfaat
Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: