Dahlan Iskan Main Ketoprak

Sejak tadi Bapakku melihat acara televisi dengan serius. Acaranya sih memang kesukaannya yaitu Seni Tradisional Ketoprak. Ada yang menarik dari ketoprak yang disiarkan oleh JTV ini. Yaitu keberadaan Mentri BUMN yang juga Putra Magetan Bapak Dahlan Iskan yang ikut berperan dalan Pementasan ketoprak yang mengambil cerita Joko Tingkir Jumeneng Ratu tersebut.

Pementasan ketoprak itu sendiri digelar di Lapangan Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Ketoprak digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Pesantren Sabilil Muttaqien ke-70. Dan Bapak Dahlan Iskan sendiri berperan sebagai tokoh utama Mas Karebet atau Joko Tingkir.

Selain Dahlan Iskan bermain pula dalam pementasan seni tradisional tersebut para pejabat daerah dan pejabat BUMN antara lain Letnan Kolonel Infanteri Soelistyo Bawono, Dandim Magetan, sebagai Adipati Tunggul Wulung, Wakil Bupati Magetan Samsi sebagai Haryo Panangsang. Peran lainnya juga dimainkan sejumlah Direktur di lingkungan BUMN seperti INKA dan PTPN. Pentas ketoprak itu kelihatannya berjalan dengan meriah dan lucu, karena sebagian pelakon atau pemainnya menjalani perannya sambil membawa naskat atau teks karena memang tidak pernah menjadi panjak ketoprak sehingga kurang hafal akan alur cerita dan nama nama tokoh yang ada di cerita tersebut.

Pementasan ketoprak itu sendiri merupakan rangkaian kunjungan kerja Menteri BUMN Dahlan Iskan yang akan dilakukan pada tanggal 4 November diantaranya Peresmian gedung labolatorium teknik bantuan PGN di Universitas Merdeka Kota Madiun, peresmian jembatan bantuan PGN di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun serta menghadiri penutupan Festival Grebeg Suro di Kabupaten Ponorogo.

Walau terkesan kaku, ternyata para pejabat negara tersebut terbilang lumayan bagus melakukan pekerjaan di luar profesinya yaitu jadi Panjak Toprak. Lumayan Lucu dan cukup menghibur terutama bagi penyuka Seni Tradisional Ketoprak yang sekarang ini mulai jarang dijumpai.

Salut untuk Bapak Dahlan Iskan.
Joko Tingkir Jumeneng Ratu.
Seandainya nanti Dahlan Iskan bisa menjadi Ratu kerajaan Nusantara ini pastinya akan bisa mengangkat Nama Magetan, kota kecil di Jawa Timur ini semakin dikenal oleh banyak orang di segala penjuru Indonesia dan Dunia.
InsyaAlloh.


Sundul

Artikel Terkait



Comments
1 Comments

1 komentar: