Mensiasati Ban Motor Bocor Sebelum Dibawa Ke Tukang Tambal

Mensiasati Ban Motor Bocor Sebelum Dibawa Ke Tukang Tambal
Selamat Pagi Sobat Sundul Magetan. Pada hari ini aku akan berbagi pengalaman tentang bagaimana Mensiasati Ban Motor Bocor Sebelum Dibawa Ke Tukang Tambal ban. Ada kalanya kita mengalami kebocoran ban yang tidak bisa diduga sebelumnya dan tidak ada tukang tambal ban atau jauh dari tempat kita. Seperti pengalamanku di hari ini. Langsung simak dulu pengalaman yang aku alami di bawah ini.

Semalam aku menginap di rumah orang tua di Desa Kediren Lembeyan Magetan. Pagi harinya aku berencana untuk balik ke Desa Sundul Parang Magetan. Pagi ini setelah aku menikmati segelas kopi bikinan istriku, aku bermaksud mengeluarkan sepeda motorku dan memanaskan mesinnya (menghidupkan). Tidak aku duga sebelumnya ternyata angin dari roda belakang sepeda motorku habis alias kempes. Aku mencoba memompa atau mengisi angin dengan pompa manual yang kebetulan ada di rumah. dan motor aku bawa ke teras rumah dan aku hidupkan mesinnya biar mesinnya sedikit panas.

Sekitar sepuluh menit kemudian bannya sudah kempes lagi. Aku berfikir sejenak dimana di pagi buta seperti ini mencari tukang tambal ban. Dengan sepeda mio adikku aku berkeliling mencoba mencari kalau sudah ada bengkel yang buka. Dan hasilnya tetap nol karena memang masih pagi. Jadi bingung sendiri karena aku pengen balik ke Sundul secepatnya.

Berpikir dan terus berpikir akhirnya aku punya ide yang sedikit aneh. Walau terkesan mengada ada aku tetap mencobanya, pikirku siapa tahu akan berhasil menghambat ban agar lebih lama kempesnya. Tengok kanan kiri, aku menemukan susu bubuk anakku yang ditaruh di atas meja. Aku mengambilnya dan berusaha memasukkan sekitar 1 sendok susu bubuk tersebut ke dalam ban dalam sepeda sebelum aku pompa kembali. Setelah aku rasa cukup aku memompa kembali ban yang kempes itu.

Walau sedikit galau aku kendarai sepesa motor tersebut pulang ke Desa Sundul. Alhamdulillah ... angin dari ban motor tersebut mampu bertahan sampai di Sundul. Padahal jarak antara Kediren - Sundul sekitar 4 km dengan kondisi jalan yang kadang berbatu, berlubang dan kadang jalan aspal yang tidak rata. Jadi aku anggap ide atau trik mengakali ban sepeda motor yang aku pakai ini lumayan berhasil. Jadi tidak ada salahnya kalau aku bagikan kepada sobat sobat yang mampir ke blog Sundul Magetan ini.

Jadi tips Mensiasati Ban Motor Bocor Sebelum Dibawa Ke Tukang Tambal atau tukang tambal, secara singkatnya seperti ini.
  • Lepaskan katub atau klep bandalam sepeda motor anda (Tempat memompa /mengisi angin ban dalam).
  • Masukkan serbuk halus dan lembut kedalam ban dalam motor (serbuk bedak, susu bayi dan semacamnya) untuk menghambat keluarnya angin yang melewati lubangan di ban.
  • Pasang kembali klep pompa ban sepeda motor seperti biasanya
  • Dan pompa kembali bon motor anda
  • Bawa Motor anda ke bengkel atau tukang tambal ban untuk di tambal.
Tips ini hanya bisa dipakai sementara dan lebih baik secepatnya bawa motor anda ke tukang tambal terdekat.

Semoga bermanfaat.

Sundul

Artikel Terkait



Comments
5 Comments

5 komentar:

mbogo.net said...

Trik dan tips ini sangat mujarab dalam keadaan darurat sebelum ke tukang tambal ban.

BlogS Of Hariyanto said...

sip..tipsnya bisa jadi solusi sementara kalo tukang tambal bannya tidak ketemu :-)

agusbg said...

boleh juga nih mas idenya, tapi cocok masih untuk sekitaran rumah ya...

cak oni said...

rpsi jugamanusia ya kang , pernah bocor bannya dijalan :D

Unknown said...

dalam keadaan darurat tips ini mungkin bisa di coba