Fenomena Ponsel yang Bukan Lagi Barang Mewah

Alat komunikasi yang satu ini sekarang sudah bukan lagi barang yang mahal atau mewah. Ponsel atau Hand Phone sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan masyarakat. Karena memang keberadaannya sangat banyak gunanya untuk memperlancar informasi dan berita antara keluarga, teman, sahabat dan kolega. Kebanyakan masyarakat dari kelas atas sampai kelas yang paling bawah sudah merasakan kegunaan dan kemudahan yang diberikan oleh pesawat HP ini. Fenomena Ponsel yang Bukan Lagi Barang Mewah
Ponsel Bukan Lagi Barang Mahal
Tangan kiri memegang hp untuk telefon, tangan kanan sedang SMS
Tetapi tidak bisa dipungkiri kalau keberadaan alat komunikasi ponsel atau HP ini mampu merubah perilaku seseorang menjadi terlihat super sibuk. Ponsel bisa juga merubah hal yang tidak penting menjadi sangat penting. Kemudahan yang didapatkan sering disalah gunakan. Banyak orang yang memiliki hp lebih dari satu hanya untuk digunakan pada hal yang tidak berguna sama sekali.

Itulah tehnologi. Ada nilai positifnya, juga pasti ada nilai negatifnya. Banyak yang lebih mementingkan mengisi pulsa untuk ponselnya daripada memenuhi keperluan hidup[ keluarganya yang belum sepenuhnya terpenuhi. Kebutuhan untuk mengisi ulang pulsa hp kadang mampu mengabaikan kebutuhan sekolah bagi anak anaknya.

Setelah aku melakukan sedikit pengamatan di lingkungan sekitar tempat tinggal, banyak orang yang terjebak oleh kemudahan yang ditawarkan ponsel ini. Biaya yang dikeluarkan untuk mengisi ulang pulsa Handphone lebih banyak daripada pengeluaran untuk biaya makan keluarganya. Sepertinya banyak masyarakat yang memang belum siap untuk menerima tehnologi yang semakin cepat pertumbuhannya belakangan ini. Keberadaan fitur fitur yang canggih dari ponsel murah seakan menjajah  masyarakat sehingga terjangkiti ketergantungan pada tehnologi yang penggunaannya benar benar tidak pada tempatnya.

Contoh perilaku yang menyimpang dengan memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh ponsel.
  • Memanfaatkan ponsel sebagai alat untuk memudahkan perselingkuhan.
  • Membuat akun fb hanya untuk melihat body cantik dan sexy para ABG
  • Memanfaatka HP untuk memudahkan berbagi nomor togel
  • DLL
Sepertinya banyak dari Masyarakat Indonesia yang belum mampu menerima tehnologi yang perkembangannya semakin cepat akhir akhir ini.

Sundul

Artikel Terkait



Comments
5 Comments

5 komentar:

ope said...

Hp yang sejatinya sebagai alat komunikasi sekarang mulai banyak disalah gunakan seiring pertumbuhan jaman om..
ngomong2 yg difoto itu lagi ngapain dikuburan om?

Susan Lolo Bua said...

itulah kenyataan masyarakat zaman sekarang, terkadang ada anakyang masih SD sudah pake Tab, BB, dan mereka pake cuma buat sms dan nelp untuk hal2 yg tidak penting, ya ada juga yang pake hp canggih cuman buat gaya gayan.

btw, om itu kenapa potonya harus yang dikub*ran.. gak takut ya om?

cak oni said...

itulah efek kemajuan teknologi kang :D

Unknown said...

foto itu adalah orang yang sedang sibuk telepon dan SMS. Tangan kirinya memegang hp karena sedang telefon, dan tangan kanannya sedang SMS an. 2 hp dipakai bareng. hehehe. kebetulan saja aku mendapatkan target foto ini saat di kuburan, lagi gotong royong buat liang kubur untuk tetangga yang meninggal

Mang Lembu said...

buwahahaa...poto ilustrasinya dapet banget sih?...
ada poin penyimpangan Hp juga rupanya ya kang....bisa azh deh ih