Banyak Orang Tidak Suka Pakai Helm

Pertanyaan yang sering muncul di pikiranku. Mengapa masih ada banyak orang yang tidak suka memakai helm saat mengendarai sepeda motor? 
Helm adalah alat pengaman atau perlindungan bagian kepala untuk seorang pengendara. Helm tidak hanya dikususkan bagi pengendara sepeda motor saja, tetapi pengendara kendaraan roda 4 juga boleh menggunakan helm sebagai alat pelindung untuk bagian kepala pemakainya. Misalnya saja seorang pembalat relly dan pembalap mobil Formula 1 juga menggunakan helm sebagai pelindung kepalanya.
Banyak Orang Tidak Suka Pakai Helm

Tetapi kenyataan di jalanan, banyak seorang pengendara sepeda motor yang enggan menggunakan helm untuk melindungi kepalanya apabila terjadi benturan dan hal hal yang tidak kita inginkan. Padahal helm untuk seorang pengendara khususnya pengendara sepeda motor di jalan raya banyak fungsi dan manfaatnya. Selain sebagai pelindung bagi kepala apabila terjadi kecelakaan dan benturan keras, masih banyak lagi manfaat yang didapatkan seorang pengendara sepeda motor apabila mau memakai helm. Diantaranya :

1. Helm melindungi pernafasan kita dari polusi
Dengan memakai helm yang rapat  bisa menghindarkan kita dari keberadaan asap yang dihasilkan oleh kendaraan yang lain yang berterbangan di jalan raya.

2. Helm melindungi mata dari debu
Helm yang bagian depan tertutup oleh kaca bisa menghindarkan mata kita dari klilipan akibat debu debu yang berterbangan terhempas laju kendaraan yang berada di depan kita.

3. Memakai helm lebih terasa hangat
Apabila kita berkendara di saat udara masih dingin sudah pasti dengan memakai helm bisa memberikan rasa hangat pada sekitar kepala kita.

4. Helm melindungi kita dari panas terik matahari
Dengan memakai helm saat berkendara di jalan raya di bawah terik matahari bisa menjaga kestabilan suhu di sekitar kepala kita sehingga akan terasa lebih nyaman walau keacaan panas dari terik matahari.

Masih banyak lagi fungsi dan kegunaan helm selain yang aku sebutkan diatas. Tetapi masih tetap saja banyak orang yang tidak mau memakai helm saat mengendarai sepeda motor di jalanan. Mungkin bagi meraka yang tidak menyukai memakai helm mempunyai berbagai alasan masing masing sehingga mereka begitu mudah mengabaikan keamanannya sendiri.

Dengan sedikit menganalisa, aku menyimpulkan, mengapa mereka tidak mau memakai helm saat mengendarai sepeda motor di jalan raya ?
Diantaranya :

1. Sombong
Banyak orang yang tidak mau memakai helm karena sombong diri. Mereka sengaja memamerkan diri kalau dia bisa naik sepeda motor, dan sengaja memberitahukan kepada banyak orang kalau motor yang bagus yang sedang lewat adalah miliknya.

2. Pamer bisa ngebut
Bagi orang yang suka ngebut di jalanan dan tidak pakai helm, mereka itu bisa dikatakan karena pamer. Sengaja menunjukkan kepada orang lain kalau dia seorang pembalap, walau hanya amatiran. Dan mereka juga pamer kalau motornya bisa ngebut.

3. Sok kegantengan atau sok kecantikan
Banyak orang yang tidak mau memakai helm saat mengendarai sepeda motor hanya ingin banyak orang tahu kalau dia ganteng atau cantik, dan banyak orang akan bilang woooww cantiknya, woowww gantengnya.

Mari kita menjaga keselamatan diri kita sendiri dengan memakai helm saat mengendarai kendaraan roda 2 atau sepeda motor. Pembalap kelas dunia saja memakai helm. Mengapa kita tidak. Kita tidak lebih hebat dari mereka kan ?
Pembalap kok tidak memakai helm. Pembalap apaan tuh ?
Pedrosa naik motor memakai helm
Lorenso naik motor memakai helm
Rossi naik motor memakai helm
Kalau anda tidak memakai helm ... kelaut aja lu

Sundul

Artikel Terkait



Comments
1 Comments

1 komentar:

Obat Sakit Gigi Ibu Hamil said...

kalau saya justru lebih nyaman pakai helm gan,, udah kebiasaan sih