Pengarasan Jalan di Desa Sundul

Pengarasan Jalan di Desa Sundul
Rt. 02 Desa Sundul
Desa Sundul terus berbenah. Pembangunan infrastruktur di Desa Sundul terus dilakukan untuk menunjang kesejahteraan Masyarakat. Pada tahun ini giliran Dusun Sundul 1 yang mendapatkan kucuran dana dari Desa untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada. Pada tahun ini Dusun Sundul 1 memilih untuk mengeraskan jalan kampung yang berada di Rt. 02 yang juga berbatasan dengan Rt. 01 dan Rt. 03. Selain pengerasan jalan juga memperbaiki jembatan yang memang sudah ada kerusakan dan tidak layak lagi dilewati oleh kendaraan roda 4.

Pemilihan pengerasan jalan dan perbaikan jembatan di Rt. 02 ini bukanlah tanpa alasan. Karena jalan ini adalah jalan kampung yang kondisinya selalu becek.. Sebenarnya sudah dilakukan tlasah jalan beberapa tahun jang lalu, tetapi hal itu belum bisa merubah jalan ini menjadi lebih baik dikarenakan memang sekitar jalan Rt. 02 ini banyak sumber air kecil (sunber tangis). Jadi kondisi sekitar jalan selalu becek walau musim kemarau.
Pengerjaan jalan ini selain dilakukan oleh pekerja juga dibantu oleh  warga sekitar dengan cara swadaya tenaga secara bergantian. Jadi hasil dari pekerjaan ini diharapkan bisa lebih maksimal.

Karena kondisi lingkungan yang berair tersebut maka pengerasan jalan kali ini dipilihlah dengan cara pengecoran, karena metode pengecoran dengan semen ini adalah kemungkinan terbaik untuk kondisi jalan ini. Apabila dipaksakan untuk di aspal, bisa jadi tidak akan tahan lama karena genangan air di sekitarnya yang terus ada. Seperti kita tahu bahwa jalan beraspal sangat tidak bersahabat dengan air yang selalu tergenang yang akan menyebabkan aspal akan cepat rusak atau terkelupas.
Sedangkan perbaikan jembatan yang saat dituliskan berita ini masih dalam pengerjaan, saluran di bawah jembatan lebih diperlebar lagi untuk bisa menampung debit air yang mengalir saat hujan deras turun sehingga aliran air bisa lebih lancar dan tidak terjadi genangan air yang terlalu lama di Rt. 02 dan Rt. 01.

Dengan diadakan pengecoran jalan dan perbaikan jembatan ini diharapkan bisa memperlancar aktifitas warga Dusun dan lingkungan Dusun Sundul 1 khususnya Rt. 02 akan semakin sehat dan rapi serta sumber air yang ada bisa mudah dikendalikan dan dialirkan ke sungai kecil (kalen) yang ada di sepanjang jalan tersebut.

Semoga kedepannya Desa Sundul Kecamatan Parang Kabupaten Magetan bisa semakin berbenah lagi untuk menjadikan Desa Sundul menjadi lebih baik lagi.

Sundul

Artikel Terkait



Comments
3 Comments

3 komentar:

mariyanto widodo said...

Jalan depan rumahku sampai sekarang belum di kerjakan, walau materialnya sudah tersedia.

Andik Rasida said...

Memang jalanan yang baik dan lancar tentunya menjadikan lancar transportasinya, sehingga lancar juga perekonomiannya!, namun ada saran untuk kedepannya untuk memudahkan perawatan alangkah baiknya dalam membangun terutama mengeraskan jalan dibuat petak beberapa meter, untuk memudahkan tambal sulam perbaikannya. Dan ada baiknya ada penyisihan dana untuk perbaikan jalan tersebut, entah itu tingkat RT, atau desa. Semoga tambah maju desamu, desaku, dan desanya!

Pak Rudi said...

BUAT SAUDARA PUNYA PERMASALAHAN EKONOMI;HUB AKI SANTORO, KARNA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN BANTUAN AKI SANTORO, INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUB AKI SANTORO DI NO 0823_1294_9955, ATAUKLIK DISINI