Jembatan Puger Desa Sundul Ambles Tergerus Pusaran Air

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Magetan bagian selatan Selasa 22 Januari 2013 kemarin mengakibatkan salah satu jembatan di Desa Sundul Kecamatan Parang Magetan Ambles. Kemarin sekitar pukul 3 sore hujan sangat deras di sekitar Desa Sundul, sehingga sungai yang melintas di Sundul meluber membuat salah satu jembatan yang berada di Dukuh Brumbung Desa Sundul pondasinya anbles sebelah dengan kedalaman sekitar 1 meter. Padahal jembatan ini adalah akses jalan bagi masyarakat Puger untuk pergi ke Desa Sundul. 

Dengan amblesnya pondasi jembatan penghubung tersebut masyarakat Puger harus menyusuri tanggul sungai untuk sampai ke Perkampungan seberang karena kondisi jembatan sekarang tidak memungkinkan dilewati oleh kendaraan walaupun hanya sepeda motor.

Menurut saksi mata yaitu Mas Agus warga Puger yang kebetulan berada di dekat jembatan tersebut menuturkan memang sore itu air sungai benar benar leluber. Tiba tiba jembatan bergoyang goyang. Selang beberapa detik tiba tiba pondasi jembatan sebelah barat ambles sekitar 1 meter sehingga badan jembatan menjadi miring. Berita amblasnya jembatan itu juga di benarkan oleh Bapak Sunar selaku Kepala Desa Sundul di beritahu oleh seorang warga melalui ponselnya dan langsung mendatangi TKP.

Amblasnya pondasi jembatan itu bukan semata mata karena tingginya air sungai, tetapi juga karena derasnya aliran anak sungai yang dari Dukuh Brumbung yang masuk ke sungai di titik samping jembatan. Karena pertemuan 2 arus yang deras itulah mengakibatkan pusaran air yang mengikis tanah sekitar pondasi jembatan sehingga menjadi amblas.

Untuk sementara sebelum jembatan di bangun kembali atau di buatkan lagi jembatan darurat, maka warga Puger untuk pergi ke seberang sungai dengan sepeda motor harus mengambil jalan memutar melalui Desa Krowe Lembeyan atau menyusuri tanggul sungai yang becek serta licin sehingga sangat membahayakan.
Semoga jembatan pengganti yang menghubungkan Brumbung dan Puger tersebut secepatnya dibangun kembali atau paling tidak ada jembatan darurat yang bisa dilewati oleh sepeda motor.

Sundul

Artikel Terkait



Comments
6 Comments

6 komentar:

mbogo.net said...

Banjir di mana-mana, gak di desa gak di kota. Waspadailah terjadinya banjir jika hujan turun agak lama.

Unknown said...

Kurang panas, tanaman padinya semakin semaput

Mang Lembu said...

biasanya ada gambarnya kang?

semoga amblasnya jembatan tidak mengganggu aktipitas ekonomi terlalu signifikan ya kang, dan bisa segera diperbaiki.
bagaimana dengan para calon bupati apa sudah ada yang meninjaukah?
salam sehat selalu untuk akang dan seluruh warga desa....aaaamiiiiin

Tips Trik SEO Blogger Pemula said...

turut berduka mas

Jayanime | Free Download Anime Subtitle Indonesia said...

wah... kok gitu ya

Unknown said...

untuk postingan kali ini gak sempet ambil gambarnya. Terima kasih atas supportnya Sob.