Desa Sunberdodol Panekan Magetan

A. ASAL USUL DESA SUMBERDODOL
Sumberdodol adalah salah satu Desa di wilayah kecamatan Panekan. Desa ini semula terdiri dari 3 dusun atau Dukuh, yakni Dukuh Blanten, Dukuh Metegal, dan Dukuh Ngablak. Tetapi sejak tahun 1930 Desa Sumberdodol bertambah satu Dukuh lagi yakni Dukuh gelang. Dahulu Dukuh gelang ini merupakan sebuah Desa kecil yang berada di sebelah selatan Desa Sumberdodol. Desa Sumberdodol sendiri di batasi oleh Desa-Desa sekelilingnya, yakni :
      Sebelah Utara                     : Desa Manjung
Sebelah Selatan                  : Desa Sidokerto, dan Desa Sumbersawit
Sebelah Timar                     : Desa Tanjungsari
Sebelah Barat                     : Desa Tapak
Bagaimana ceritera tentang asal usul Dukuh-Dukuh dan nama Desa Sumberdodol ini, sesepuh warga Desa Sumberdodol menuturkan sebagaimana berikut : 
1. DUKUH BLANTEN 
Yang jadi cikal bakal Dukuh ini seorang kyai dari daerah Mataram bernama Ki ageng Yudo Kepek. Seorang kyai yang mumpuni di bidang ilmu keagamaan. Kedatangan kyai tersebut di daerah inipun untuk mengembangkan agama Islam. Ketika ki ageng Yudo kepek datang di kawasan ini, belum ada penghuninya sama sekali dan daerah ini masih berwujud hutan. Sehingga terpaksa pendatang tersebut bekerja keras babad hutan, sampai menjadi tempat pemukiman yang berpenghuni banyak. Namun nara sumber menjelaskan bahwa dirinya belum mengerti asal usul sampai  tempat ini di namakan Blanten.
2. DUKUH METEGAL 
Dukuh ini dahulu di ketuai oleh seorang empu (tukang membuat keris yang sangat terkenal. Mereka berasal dari daerah Jawa Tengah. Setelah empu tersebut membenahi dan menata dengan baik lahan yang di babadnya, maka pekerjaan membuat keris yang menjadi keahliannya itu di mulai lagi. Banyak keris yang sudah di buat di daerah itu. Salah satu andalan kerisnya yang di buat di sebelah Timur gunung lawu ini dinamakan PUDAK SETEGAL. Keris ini mempunyai kekuatan gaib yang luar biasa, dan sangat bermanfaat bagi para petani. Dengan membawa keris Pudak setegalini, pohon apapun yang ditanam oleh petani dapat berhasil dengan memuaskan.

Karena kelebihan gaib keris yang di buatnya inilah maka empu tersebut menamakan daerah itu METEGAL, yakni dari kata Setegal berubah ucap menjadi Metegal. Akhirnya menjadi nama Dukuh metegal sampai sekarang ini. 
3. DUKUH NGABLAK 
Dukuh ini terletak di kawasan yang sangat strategis. Berada di kawasan yang lebih tinggi daripada kawasan – kawasan yang lain. Sehingga apabila di lihat dari arah mana saja tampak jelas. Dalam bahasa Jawa katon ”Sumeblak”. Itulah sebabnya daerah ini dinamakan NGABLAK yang akhirnya menjadi nama Dukuh Ngablak sampai sekarang ini. Namun tida diketahui dengan jelas siapa yang cikal bakal Dukuh Ngablak ini. 
4. DUKUH GELANG 
Dahulu di sebelah Selatan Desa Sumberdodol ini ada sebuah Desa kecil yang bernama Desa Gelang. Tetapi tidak diketahui siapa yang memimpin Desa kecil ini. Hanya beberapa orang yang menghuni Desa kecil ini. Karena letaknya terpencil menyendiri, maka oleh pemerintah penjajah belanda pada waktu itu tepatnya pada tahun 1930, Desa Gelang yang terpencil ini di gabung menjadi satu Dukuhan yang masuk wilayah kekuasaan Desa Sumberdodol. Dengan demikian yang semula bernama Desa Gelang, berubah menjadi Dukuh gelang.

Bagaimana asal-usul nama Desa Sumberdodol itu sendiri sesepuh Desa Sumberdodol termasuk tokoh muda setempat yaki saudara suparmin (Kepala Desa Sumberdodol periode tahun 2007-2013) menuturkan bahwa asal usul Desa Sumberdodol adalah sebagai berikut ;
Salah satu dari empat Dukuhan ini yakni Dukuh Blanten memiliki tempat yang banyak mata airnya atau banyak sumber airnya, sehingga air yang keluar dari sumber-sumber tersedia sangat besar. Di dekat sumber air yang besar ini terdapat tempat untuk jualan bermacam-macam hasil bumi dan bermacam-macam kebutuhan masyarakat setempat  (Jw, ana panggonan Dodolan). Semacam pasar. Saat itu  masyarakat setempat mengkait-kaitkan atau menghubung-hubungkan keadaan daerahnya, yakni ada SUMBER yang cukup banyak dan di dekatnya ada orang-orang berjualan (jw.DODOL). Karena keadaan kawasan yang demikian itulah maka daerah itu dinamakan SUMBERDODOL. Gabungan dari kata SUMBER dan DODOL. Akhirnya menjadi nama Desa Sumberdodol sekarang ini. Tetapi pasar yang dianggap paling besar saat itu sekarang sudah tidak ada karena lahannya di bangun menjadi Balai Desa serta Kantor Desa Sumberdodol sekarang ini. dan pasar Desa tersebut dipindahkan ke tempat yang lain.

Karena keadaan Desa yang cukup air ini, para petani Desa Sumberdodol dapat mengairi sawahnya sewaktu-waktu dimana para petani tersebut memerlukannya. Sehingga dengan demikian hasil taninyapun cukup memadai sesuai dengan harapan.
Sedangkan nama-nama pimpoinan Desa Sumberdodol secara berturut-turut yang diketahui adalah :
1. Suparman     : ........ – 1990
2. Suparno       : 1990- 1998
3. Widodo       : 1998 – 2007
3. Suparmin      : 2007-sekarang
B.  KEADAAN GEOGRAFIS DESA SUMBERDODOL
      1. Peta Desa

2.  Letak Desa
Desa Sumberdodol terletak diujung Barat dari Kabupaten Magetan, dengan jarak ke Ibu Kota
Kecamatan terdekat 6 km, lama tempuh ke ibu kota kecamatan terdekat 15 menit, Jarak ke ibu kota
kabupaten / kota terdekat 7 km, lama tempuh ke ibu kota Kabupaten/kota terdekat 20 menit. Wilayah
Desa Sumberdodol didominasi oleh daratan dengan luas 244, 200 Ha yang terbagi atas pemukiman
umum 116,155 Ha, dan sawah Irigáis seluas 128, 045 Ha. Dengan ketinggian 850 meter dari permukaan
laut dengan Suhu harian rata-rata mencapai 28 derajat celcius dan curah hujan 1500 Mm/Th Desa
Sumberdodol merupakan salah satu Desa dari beberapa  Desa yang ada diwilayah Kecamatan Panekan
Kabupaten Magetan, secara geografis Desa Sumberdodol merupakan salah satu Desa yang dekat
dengan ibu kota kecamatan, yaitu berjarak +  6,00 Km kearah  Barat Daya dari ibu kota kecamatan.
3.  Luas Wilayah
Luas wilayah Desa Sumberdodol dibanding dengan Desa yang lainnya di Kecamatan Panekan, termasuk
Desa yang luasnya 244,200 Ha yang terdiri dari 4 dusun  yaitu Dusun Ngablak, dusun Gelang, dusun
Metegal, dan dusun blanten yang masing-masing perdusunan dipimpin oleh seorang kamituwo/kepala
dusun. Dari 4 perdusunan tersebut terbagi menjadi 4 Rukun Warga (RW) dan 21 Rukun Tetangga (RT).
4.  Batas Desa
Desa Sumberdodol terletak kurang lebih 6,00 Km ke arah Barat Daya Kecamatan Panekan Kabupaten
Magetan dengan Batas-batas wilayah sebagai berikut :
Sebelah Utara :  Desa Majung Kecamatan Panekan
Sebelah Timur :  Desa Tanjungsari Kecamatan Sidorejo
Sebelah Selatan :  Desa Sidokerto Kecamatan Panekan
Sebelah Barat :   Desa Tapak Kecamatan Panekan

Desa Sunberdodol Panekan Magetan
Pohon besar di Sumberdodol

Sundul

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: