Uang 1000 Akan Jadi 1 Rupiah

Rencananya Pemerintah Indonesia akan melakukan redenominasi mata uang rupiah. Rencana Pemerintah ini tinggal menunggu persetujuan DPR. Bila DPR setuju mungkin besuk pada tahun depan sudah dikeluarkan uang baru redenominasi dan penarikan secara perlahan uang lama yang beredar sekarang ini.

Apa itu REDENOMINASI
Redenominasi bisa diartikan sebagai penyederhanaan nilai mata uang. Penjelasan mudahnya yaitu menghilangkan 3 angka 0 ( nol ) yang paling belakang di mata uang. Contohnya uang Rp. 1.000 menjadi Rp. 1. Jadi kalau anda ingin membeli Lontong atau tepo di Pasar Krempyeng Desa Sundul yang harga per bungkusnya Rp. 2.000 anda dengan uang setelah redenominasi cukup membayar dengan uang Rp. 2.

Sebenarnya penyederhanaan nilai mata uang seperti ini bukan hal baru di Indonesia. Cerita Bapakku, dulu waktu orde lama Indonesia juga pernah melakukan penyederhanaan rupiah. Jadi masyarakat tidak harus repot atau bingung bila di masa transisi nanti akan ada 2 jenis uang yang nominalnya berbeda yang nilainya sama. Contohnya uang Rp. 1.000 nilainya sama dengan uang Rp. 1. Pada awalnya mungkin agak repot atau bingung. Tetapi bila sudah terbiasa pasti akan nyaman juga untuk bertransaksi. Orang orde lama saja bisa, kita harus lebih bisa dong.

Yang jelas nantinya kita akan lebih praktis dalam mengucapkan nominal uang dalam sebuah transaksi. Seperti yang sudah biasa dilakukan pleh para pedagang di pasar pasar sekarang ini. Kalau menyebutkan uang 1 juta sudah biasa dengan sebutan 1 ribu.
Jadi kita tunggu saja kelanjutan rencana pemerintah untuk melakukan redenominasi Rupiah tersebut. Kalau berlanjut ya Alhamdulillah, kalau tidak ada kelanjutannya ya Alhamdulillah juga.

Bila Uang 1000 Jadi 1 Rupiah
Rp. 1 hasil Redenominasi dari Rp. 1000


Sundul

Artikel Terkait



Comments
5 Comments

5 komentar:

Anonymous said...

Moga tidak ambruk aja nilai tukar mata uang rupiyahnya mas! yang penting harga beli murah dan terjangkau dan ada barangnya

Unknown said...

Nilai rupiahnya kan tetap Gan ... hanya angkanya yang disederhanakan.
Jadi Rp. 1000 uang lama sama dengan Rp. 1 uang baru. jadi tidak berpengaruh kepada perdagangan

Kang Muroi said...

wah gaji saya nanti berkurang hihi...

Harun Ar said...

Uang rupiah memang sudah kebanyakan nol-nya ya mas.... Kalo belanja dengan duit kricik kurasa 1kg kopi harganya 1 kg duit kricik....hhe
Dengan ginian moga uang kita kelihatan keren di mata dunia

Kanten Komunitas said...

kalo gitu harga permen jadi 0,001 rupiah dong. hahaha