Legenda Nama Mbesat Krajan Magetan

Asal Usul Mbesat Krajan Magetan
Daerah MBESAT Krajan Magetan
Sundul, Minggu, 20 Januari 2013.
Selamat Pagi Sobat Sundul. Di pagi ini aku mencoba share suatu cerita atau kisah asal usul dari sebuah tempat di Desa Krajan Kecamatan Parang Kabupaten Magetan yang sering disebut dengan MBESAT. Mungkin bagi anda yang bertempat tinggal di Desa Krajan dan sekitarnya sudah mendengar nama itu. Kalau yang belum mengenal, ada sedikit petunjuk tentang daerah Mbesat tersebut yaitu di sekitar lokasi SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri) Parang 2. Karena begitu ngetrennya istilah Mbesat tersebut sampai sampai SMPN 2 Parang yang berlokasi di situ sering disebut oleh warga sekitar dengan sebutan SMP Mbesat.

Kata Mbesat tersebut tidak tercetus begitu saja lo ....... Karena kata orang tua dahulu, itu ada ceritanya atau sejarahnya. Langsung saja kita ke TKP ...


Konon di waktu itu di daerah Krajan Magetan ada seorang puteri yang cantik anak dari tuan tanah di daerah tersebut. Kecantikannya begitu terkenal sampai ke desa desa sekitarnya. Berita kecantikan putri tersebut sampai juga ke telinga pemuda yang sakti mandraguna tetapi buruk rupa dan cacat.
Suatu hari pemuda sakti tersebut datang ke Desa Krajan untuk meminang putri cantik tersebut. Putri tersebut sangat terkejut dan merasa terhina, karena orang yang buruk rupa dan cacat tersebut berani beraninya melamar dia yang sangat cantik. Tetapi putri tersebut tidak serta merta menolaknya. Dengan senyuman menghina putri tersebut mengajukan syarat kepada pemuda buruk rupa tersebut yang menurutnya pasti tidak akan bisa dilaksanakan. Apabila dia bisa melaksanakan syarat tersebut hanya dalam satu malam sebelum ayam berkokok, dia bersedia untuk menjadi istrinya. Syarat tersebut adalah  mendatangkan air ke sekitar tempat tinggalnya yang memang merupakan tanah kering atau tandus.

Malam itu pemuda buruk rupa tersebut berusaha melaksanakan syarat yang diajukan oleh puteri tersebut. Dengan segala kesaktian yang dimiliki, pemuda tersebut berusaha mengalirkan air dari Sumber Sejok / Sumber Sejog yang berada di sisi barat Desa Krajan untuk dialirkan ke sekitar rumak Putri tersebut di sisi timur Desa Krajan. Menjelang pagi hari usaha pemuda tersebut berhasil mengalirkan air dari sendang Sejog ke rumah putri tersebut.
Karena syarat yang diberikan putri cantik berhasil dilaksanakan, maka pemuda buruk rupa tersebut menagih janji sang putri untuk benikah dan menjadi istrinya. Tetapi putri cantik tersebut mengingkari janjinya yang telah diucapkan. Malahan dia menghina akan keburukan rupa dan cacat tubuh yang dimiliki oleh pemuda tersebut.

Karena merasa dikhianati, dibohongi dan dihina oleh puteri cantik tersebut, maka pemuda buruk rupa menjadi marah dan dengan kesaktian yang dimilikinya pula dia menghentikan aliran air yang menuji rumah sang puteri. Dengan kata Mbes e Asat seketika itu juga berhentilah aliran air tersebut. Pemuda buruk rupa tersebut juga mengutuk puteri cantik itu tidak akan ada seorangpun yang mau menikahinya selama lamanya.

Asal Usul Mbesat

Jadi dari kata Mbes e Asat itulah kata MBESAT itu bermula dan berlaku terus sampai sekarang. Mengenai kutukan tersebut, kata orang tua, di Desa Krajan selalu ada saja gadis atau wanita cantik yang tidak menikah sepanjang hidupnya.

Oke Sobat Sundul, semua itu hanyalah cerita dari generasi terdahulu. Tentang benar atau tidaknya pastinya dari kita semua yang hidup di jaman sekarang ini tidak ada yang tahu.
Semoga saja cerita ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua tentang asal usul yang ada di Magetan ini.

Sundul

Artikel Terkait



Comments
4 Comments

4 komentar:

Andik Rasida said...

Kayaknya masuk katagori legenda atau mitos mas postingan ini! tapi bagus kok postingannya! kalau cerita tentang sukun Krajan bagaimana, mohon di posting! Pesan tuk Magetan Indah heheh!

mariyanto widodo said...

Aku golek i sesepuhe durung temu mas, hehehe. Jadi belum bisa mendapatkan informasinya.

cak oni said...

nice info kang , baru tau asal usulnya nama mbesat

Tips Trik SEO Blogger Pemula said...

wow.. legenda..