Membuat Sumur Artetis Desa Sundul

Di Desa Sundul Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan memang sangt terkenal dengan sumur artetisnya. Sumur Artetis yaitu sumur bor yang dapat keluar airnya sendiri. Tetapi kelebihan sumur artetis di Desa Sundul yaitu air bisa diangkat sekitar 1,5 m dari permukaan tanah. Untuk lebih jelasnya baca di Desa Sundul Sumur Artetis

Untuk membuat Sumur Artetis Di Desa Sundul, inilah langkah langkahnya :

1. Untuk membuat sumur artetis di Desa Sundul harus mengebor tanah sedalam kurang lebih 30 meter atau pengeboran tanah sampai menembus lapisan batu tanah.
2. Setelah pengeboran melewati lapisan batu yang keberadaannya sekitar kedalaman 25  meter - 30 meter sengan ketebalan batu sekitar 3 meter - 5 meter, maka air akan keluar dengan deras ke permukaan tanah.
3. Untuk mengendalikan keluarnya air maka lubang bekas pengebotan dimasuki pipa pralon diameter 4 inch atau 5 inch disesuaikan dengan mata bor yang dipakai untuk pengeboran. Sedangkan panjang pipa pralon yang dimasukkan bisa sepanjang 12 meter atau lebih. Semakin panjang pipa pralon yang dimasukkan ke dalam lubang pengeboran akan semakin baik. 
4. Untuk merapatkan pipa dengan tanah dan juga untuk mengendalikan air supaya keluar melalui dalam pipa semua, maka di sekeliling pipa diberi sumbatan berupa plastik atai karung bekas dan sebagainya sehingga lubang bekas pengeboran menjadi rapat sehingga air tidak bocor ke mana mana.
5. Setelah lubang bekas pengeboran menjadi rapat dan air tidak bocor lagi, barulah air yang keluar lewat pipa pralon disalurkan ke bak penampungan atau langsung disalurkan ke rumah rumah yang membutuhkannya sebagai air mandi, air minum dan kebutuhan air lainnya sehari hari.

Gambar di atas adalah proses pengeboran tanah untuk Sumur Artetis.

Sundul

Artikel Terkait



Comments
12 Comments

12 komentar:

lukman hakim said...

terima kasih sharenya sahabatku..
aku suka dengan cara membuat sumur artetis di desa sundul tersebut..

cak oni said...

inspirasi yang bagus kang#smile

aida said...

support di sini sobat
happy blogging for you

sahaqkillyou said...

di desa saya udah banyak kayak gituan gan,

obat penyakit wasir said...

nice post..

obat alami diabetes melitus said...

ijin menyimak ya,, terima kasih, sukses teruss..

Sundul said...

Terima kasih Support Kawan n Sobat semua

Anonymous said...

ass,wr.wb
mau tanya yang buat sumur artesis orang mana?trus kira kira menghabiskan uang berapa jt untuk jasa pembuatan sumur artesis?mohon informasinya,salam...

tubankita said...

Mas, langhkah pertama itu tulisannya ada yang salah eja lho... mengebur apa mengebir?

:)

Sundul said...

Sumur artetis itu di Desa Sundul. Untuk biaya ngeBor saja ... rata2 borongan 1,5 - 2 juta.
thanks koreksinya Tuban Kita.

BLX Multi Service Corp. said...

numpang lewat om salam kenal http://blxmultiservice.blogspot.com/

Pak Rudi said...

BUAT SAUDARA PUNYA PERMASALAHAN EKONOMI;HUB AKI SANTORO, KARNA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN BANTUAN AKI SANTORO, INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUB AKI SANTORO DI NO 0823_1294_9955, ATAUKLIK DISINI