Desa Sundul Sumur Artetis

Desa Sundul, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan.
Kecamatan Parang adalah bagian dari wilayah Kabupaten Magetan yang berada paling selatan berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Kecamatan Parang sangat terkenal dengan dataran yang bergelombang sesuai dengan namanya PARANG yang katanya maksudnya Lempare Arang arang ( tanah yang rata sangat jarang ).
Desa Sundul adalah desa di wilayah kecamatan Parang. Walau Desa Sundul termasuk wilayah Kecamatan Parang yang terkesan tandus, tetapi Desa Sundul sangatlah beda dari desa lainnya di wilayah Kecamatan Parang.
Di Desa Sundul banyak ditemukan sumber air. Kalau desa lainnya mendapatkan air dari sumur gali yang kedalamannya bisa mencapai 30 sampai 50 meter, tetapi Kebutuhan air Desa Sundul dapat tercukupi dengan banyaknya sumber air tersebut.
Sekitar  10 tahun terakhir masyarakat Desa Sundul semakin dimudahkan dengan keberadaan sumur artetis. 

 Sebagian daerah Desa Sundul apabila tanahnya di bor dengan kedalaman sekitar 30 m akan mengeluarkan air yang sangat besar dan bisa diangkat sampai 1,5 meter diatas tanah. Seperti pada gambar di samping, air tersebut keluar sendiri dari dalam tanah tanpa bantuan alat pompa.
Di desa Sundul sendiri ada lebih dari 50 sumur Artetis yang biasanya 1 sumur dibagi untuk 5 atau 6 keluarga.

Gambaran struktur lapisan tanah Desa Sundul

Bagian tanah paling atas adalah tanah lunak ( endut/rawa ) yang tebalnya antara 25 - 30  meter. Lapisan di bawahnya adalah lapisan batu keras yang ketebalannya sekitar 3 meter. Dari lapisan bawah batu tersebut sumber air berada.

Uji laboratorium

Air dari sumur artetis di Desa Sundul pernah di uji di laboratorium oleh beberapa anak daerah yang sekarang sudah jadi dokter Kota Solo dan Kota Surabaya. Dan juga pernak diuji oleh kelompok kelompok mahasiswa. Dan hasilnya bahwa air yang berasal dari sumur artetis Desa Sundul sangat sehat dan sangat layak di konsumsi langsung. Kadar minerah yang terkandung di dalamnya hampir setara dengan air minum kemasan mark Aqua.


Tambahan dari Anmint : Selama ada sumur Artetis tersebut untuk minum sehari hari tidak pernah munum air yang direbus. Jadi minum air yang diambil langsung dari sumur tersebut.



Artikel Terkait



Comments
9 Comments

9 komentar:

Mami Zidane said...

berarti air dari sumur artetis di desa sundul sangat istimewa ya karena setara dengan air mineral terkenal di indonesia.

Admint said...

Mungkin kali ya .....
Yang jelas rasanya lebih segar ...
Pernah airnya di masukkan botol plastik ( yg bersih ) dan dijemur selama sekitar 1 bulan, airnya gak berubah, tidak keluar jamur, lumut, dll. Coba saja anda lakukan hal yang sama pada air mineral kemasan. Semua orang di sini langsung konsumsi tanpa di masak terlebih dahulu.

Trafik Gratis Gak pakai lama said...

keren gan :)

Admin said...

Terima kasih kunjungannya Sobat

lina@happy family said...

Luar biasa...

Catatan_Su said...

sumur artertis...pengen tau lebih banyak lagi tentang sumur ini,,

Susu Segar said...

wah kaya iklan di TV aja nih air ndak perlu direbus. . . . keren . .. .

[Mang'chozt] said...

KEAJAIBAN ALAM
KITA SEBAGAI PENERUS HARUS BISA MELESTARIKAN ALAM UNTUK ANAK DAN CUCU KITA NANTI

salam HANGAT SOB
visit ME BACK OK

Pak Rudi said...

BUAT SAUDARA PUNYA PERMASALAHAN EKONOMI;HUB AKI SANTORO, KARNA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN BANTUAN AKI SANTORO, INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUB AKI SANTORO DI NO 0823_1294_9955, ATAUKLIK DISINI