Mengemudi Sambil SMS Sangat Berbahaya

Telepon Seluler adalah tehnologi yang sangat berperan dalam memperlancar berhubungan antar manusia. Alat ini sudah sangat memasyarakat di segala kalangan di kota maupun di desa, dari pejabat sanpai rakyat, dari pengusaha sampai pekerja biasa, bahkan mencari rumput untuk pakan ternak atau sedang menggembala ternakpun tidak lepas dari alat komunikasi ini. 

Tetapi apa jadinya apabila alat ini kita gunakan pada tempat dan keadaan yang tidak semestinya.
 Pemandangan seperti gambar di samping ini pasti sering anda temui di sekitar tempat tinggal anda. Sepertinya sudah sangat membudaya atau sudah menjadi kebiasaan banyak orang menggunakan ponsel di saat mengendarai sepeda motor ataupun mobil. Walaupun mungkin meraka sudah tahu bahwa tindakan itu sungguh sangat membahayakan keselamatan dirinya dan juga orang lain. Mengemudi Sambil SMS Sangat Berbahaya. Dan yang paling sering terlihat melakukan itu adalah anak anak usia sekolah . Bagaimana dengan yang ada di sekitar lingkungan anda?

Apabila anak tersebut mengalami kecelakan karena kelalaiannya, siapakah yang paling bisa di salahkan ?

Kepolisian kah ?
Aku rasa tidak bisa kita menyalahkan kepolisian, karena sudah sangat sering dari anggota kepolisian memperingatkan pengendara bermotor untuk tidak menggunakan ponsel di sat sedang menyetir.

Dinas PU yang tidak memperbaiki jalankah?
Itu juga tidak bisa di salahkan, karena kalau pengendara lebih berhati hati tentunya akan bisa menghindari lubang di jalan yang belum diperbaiki.

Guru di sekolahkah?
Guru di sekolah juga tidak bisa di salahkan, karena sepertinya para guru juga sudah memperingatkan, atau memang tidak ada mata pelajaran untuk mengendarai kendaraan di jalan.

Sesungguhnya orang tua atau keluargalah yang paling bisa di salahkan atau paling bertanggung jawab apabila ada kecelakaan yang disebabkan tindakan bodoh tersebut. Karena sesungguhnya di lingkungan keluargalah pendidikan dasar seorang anak itu di mulai. Perhatian Orang tua atas anak sangatlah penting. Peringatan kepada anak atas tindakan dan kekuranggannya harus di mulai dari lingkungan keluarga.

Marilah kita jaga keluarga kita dengan perhatian dan kasih sayang serta contoh kebiasaan yang baik sehingga anak akan terbiasa melakukan hal hal yang baik dan benar. Peran orang tua dan keluarga yangatlah penting dan berpengaruh bagi perkembangan jiwa dan kepribadian anak. Pelajaran yang paling mudah di ingat oleh seorang anak adalah apabila orang tuanya atau keluarganya memberikan contoh atau tindakan yang baik dan benar kepada anak anak kita. Sehingga anak akan terbiasa juga melakukan kebiasaan atau tindakan yang baik pula.

Sayangi anak anak anda. Kalau bikan dari keluarga sendiri, SIAPA LAGI ???
Sundul

Artikel Terkait



Comments
2 Comments

2 komentar:

Desa Cilembu said...

gambar nomor 1, betul-betul nekat, sosialisasi dimana-mana sepertinya ngga berpengaruh sedikitpun pada kesadaran mereka, saya kadang sengaja memepetkan kendaraan pada pengendara yang asik menggunakan HP saat mereka menyupir, berharap mereka terjatuh dan mati...dengan begitu akan mengurangi pengguna jalan yang tidak disiplin...sungguh ini selalu saya lakukan...kalau mereka celaka sendiri sih masa bodoh..matimu sendiri, tapi kalau gara2 mereka, ada pengguna jalan lain yang celaka..itukan yang kurang ajar.
salam sehat selalu mas.

Unknown said...

benar sekali, banyak orang yang tidak menyadarinya akan kebiasaan sms/telp ketika kita lagi dalam mengendarai kendaraan. padahal itu sangat membahayakan nyawa kita..
aku sangat suka artikel ini.
saling mengingatkan kebaikan dalam kebaikan..