Gubernur Suryo Gubernur Pertama Jawa Timur

Gubernur Suryo, gubernur pertama di Jawa Timur. Beliau lahir di Magetan tanggal 9 Juli 1898 dengan nama asli Raden Mas Tumenggung Ario Suryo.
Dulu beliau ini bersekolah di Holand Indlandsch School (HIS) dan di Opleding School Voor  Indlandsche Ambternaren (OSVIA).  Setelah lulus dari  OSVIA beliau menjadi pang praja di Ngawi. Kemudian ditunjuk menjadi Mantri Veld Politie di Madiun. Selain itu, beliau juga pernah mengikuti pendidikan militer di Sukabumi dan memasuki Bestuur di Jakarta.
Setelah itu beliau diangkat menjadi Bupati Magetan ke 13 menggantikan Raden mas Tumenggung Surohadinegoro. Setelah menjabat Bupati Magetan, beliau diangkat menjadi Residen (Su cho Kan) di Bojonegoro.
Ketika Indonesia sudah merdeka, beliau ditunjuk menjadi Gubernur pertama Jawa Timur. Sayang saat beliau tengah melakukan perjalanan, beliau dihadang dan dibunuh oleh pemberontak PKI di kawasan hutan Peleng, Kedunggalar,  Kabupaten Ngawi. Jenasahnya pun lalu dimakamkan di pemakaman kampung halamanya, di  pemakaman Kerto Sasono Mulyo, Jalan Salak, Kabupaten Magetan.
Lalu pada tahun 1964 pemerintah Indonesia pun mengangkat Raden Mas Suryo sebagai pahlawan nasional. Perlu diketahui, beliaulah yang membuat gagasan hari jadi Kabupaten Magetan disamakan dengan hari jadi Jawa Timur, yaitu tanggal 12 Oktober.
Kini Gubernur Suryo pun di abadikan oleh rakyat Kabupaten Magetan dalam bentuk patung, letaknya ada di Alun Alun Kota Magetan, tepatnya sebelah barat laut atau di bundaran pojok utara barat Alun Alun Kota Magetan .

Sundul

Artikel Terkait



Comments
6 Comments

6 komentar:

Unknown said...

Alhamdulillah, wawasanku bertambah setelah membaca ini.
terima kasih sahabat sejatiku..
I like it. :)

Desa Cilembu said...

jasa beliau pastinya tidak hanya menjadikan hari jadi magetan sama dengan hari jadi jawa timur.
hayo mas gali terus semua yang ada disekitar "desa sundul"..beritahu seluruh anak negeri ini, betapa kita harus mencintai negeri ini dengan cinta yang suci.
salam cinta selalu

Majalah Masjid Kita said...

subhanalloh..
terimakasih atas artikelnya ya :)

AgriculturProduct said...

makasih infonya sob,dapat menambah wawasanku mengenai sejarah Negri ini. :)

aida said...

nice banget, teman ayo gali lagi sejarah negeri ini
kalau bisa jangan cuma daerah sendiri
support untukmu

Unknown said...

Untuk semua Sobat Sundul, Salam hangat dari Desa Sundul.