Transportasi Unik Becak Lawu

Becak lawu adalah sebuah alat transportasi yang yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar gunung lawu. Apabila anda pernah berkunjung ke Kabupaten Magetan dan berwisata di Telaga Sarangan, mungkin anda pernah menjumpai alat transportasi yang di namakan becak lawu ini.

Body dari becak lawu adalah sebuah papan persegi panjang yang diberi empat roda. Di depan ada sebuah kendali yang digunakan untuk mengendalikan becak yaitu sebuat handle untuk pengereman. Pengendalian becak lawu hanya dengan menggunakan kaki untuk membelokkan roda. Jadi perlu keahlian dan kebiasaan untuk lebih menguasai becak lawu. 

Becak lawu sendiri mampu membawa beban dengan berat sekitar 500 kg. Becak lawu biasa digunakan masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian perkebunan juga rumput untuk pakan ternak. Becak lawu hanya digunakan waktu menuruni gunung. Karena tidak ada mesinnya maka waktu naik, becak lawu harus ditarik oleh pemiliknya.

Sesuai namanya, becak lawu hanya terdapat di sekitar daerah gunung lawu. Untuk melestarikan keberadaan becak lawu Pemerintah Kabupaten Magetan secara rutin mengadakan festifal becak lawu.  Bukan kecepatannya yang diperlombakan, tetapi keunikan dan kreatifitas pemilik becak.

Anda penasaran ........
Kalau anda berkunjung ke Kabupaten Magetan dan bertamasya ke Telaga Sarangan, sempatkanlah bermain di dekat perkebunan masyarakat sekitar. InsyaAllah anda akan menjumpai orang yang mengankut hasil pertaniannya dengan becak lawu.

Artikel Terkait



Comments
1 Comments

1 komentar:

Mang Lembu said...

jempol untuk pemerintahan magetan, selayaknya potensi sekecil apapun memang harus mendapat dukungan dari pihak terkait.