Mata Storm di Cluster Galaxy


Mata Storm di Cluster Galaxy
Gambar dari Teleskop Ruang Angkasa NASA / ESA Hubble bisa tampak seperti sebuah patch yang tenang langit pada pandangan pertama. Tapi zoom ke bagian tengah cluster galaksi - salah satu struktur terbesar alam semesta - agak ingin melihat mata badai.

Kelompok galaksi adalah kelompok besar yang terdiri dari puluhan hingga ratusan galaksi, yang terikatbersama oleh gravitasi. Galaksi-galaksi terkadang menyimpang terlalu dekat satu sama lain dan gaya gravitasi yang sangat besar bermain dapat mengganggu mereka atau bahkan peduli rip off ketika mereka bertabrakan satu sama lain.

Ini cluster tertentu, yang disebut Abell 1185, adalah salah satu kacau. Galaksi dari berbagai bentuk dan ukuran Gerakan nyaris satu sama lain. Beberapa telah pecah dalam pusaran kosmik, mencurahkan jejak materi menjadi kekosongan setelah pertemuan dekat mereka. Mereka telah membentuk sebuah bentuk akrab disebut Guitar, terletak tepat di luar bingkai foto ini.

Abell 1185 terletak sekitar 400 juta tahun cahaya dari Bumi dan mencakup satu juta tahun cahaya. Beberapa galaksi elips yang membentuk cluster yang terlihat di sudut-sudut gambar ini, tapi sebagian besar, bentuk elips kecil melihat banyak galaksi-galaksi yang jauh di latar belakang, yang terletak jauh lebih jauh, di daerah yang lebih tenang Semesta.

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: