Ingatlah Mati Biar Hidup Lebih Hidup

Rasulullah SAW. Bersabda:
Yang artinya: ”Secerdik-cerdik manusia adalah yang terbanyak ingatanya kepada kematian, serta yang terbanyak persiapanya menghadapi kematian itu. Mereka itulah orang-orang yang benar-benar cerdik. Dan mereka akan pergi ke alam baka dengan memba wa kemulian dunia serta kemuliaan akhirat.” (HR Ibnu Majah).

Rasulullah SAW bersabda : “Perbanyaklah mengingat kematian maka kamu akan terhibur dari (kelelahan) dunia dan hendaklah kamu bersyukur. Sesungguhnya bersyukur akan menambah kenikmatan Allah..”

Semua makhluk yang bernyawa di bumi ini pasti nantinya akan mati. Entah sebentar lagi atau masih lama, kematian pasti akan menghampiri kita. Tetapi kebanyakan orang merasa enggan dan takut membicarakan tentang kematian. Mengapa harus takut membicarakan hal yang sudah pasti akan datang kepada kita ?
Walaupun kita menutup telinga dari kata kematian, mengunci mulud dari perbincangan tentang kematian,  tetap akan datang juga kematian itu kepada kita bila sudah tiba waktunya. Keengganan kita memperbincangkan tentang kematian tidak akan menjauhkan kita dari mati itu sendiri.

Sebenarnya sangat banyak faedah yang bisa kita dapatkan apabila kita selalu mengingat akan kematian atau berbicara tentang mati.

Faedah itu antara lain :

Tetap rendah hati dan tidak sombong
  • Walau sehebat apapun kita, sekuat apapun kita, harta yang melimpah, kedudukan yang tinggi, toh nantinya semua itu akan kita tinggalkan. Kita akan mati dan tidak ada satupun dari mereka yang kita miliki mau untuk menemani kita. Jadi untuk apa kita menyombongkan diri dari apa yang kita miliki sekarang ini.
 Lebih pandai bersyukur
  • Dengan mengingat kematian tentunya kita akan lebih bisa mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. Tentang umur yang panjang, kesehatan sehingga masih ada kesempatan bagi kita untuk memperbaiki diri.
Sering Instropeksi diri
  • Dengan mengingat mati kita akan selalu instropeksi diri kita, apa yang sudak kita lakukan di dunia ini. Karena semuanya akan kita pertanggungjawabkan apabila kita sudah mati

7 Cara Mengingat Kematian :

1. Meningkatkan pemahaman tentang kehidupan sesudah mati. Hal ini sesuai dengan  firman Allah SWT; bahwa sesungguhnya kehidupan di akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa.
 
2. Menjadikan dunia sebagai tempat menanam kebajikan dan tempat persinggahan. Menanam benih-benih kebajikan sangat dianjurkan dalam Islam selagi kita hidup di dunia, karena dengan demikian, kita akan memanen kebajikan itu di akhirat nanti.

3. Penting untuk menyadari bahwa kematian itu sangat dekat dengan kita, kapan pun dan di manapun, kematian pasti terjadi.

4. Dengan membiasakan untuk menjenguk orang sakit baik itu keluarga maupun tetangga dan mendoakannya agar diberi kesembuhan.

5. Bertakziah kepada yang ditimpa musibah kematian, bisa dengan sukarela ikut mengurus, memandikan, menshalati jenazah dan mengantar jenazah sampai dengan penguburan jenazah.

6. Membiasakan diri untuk berziarah kubur, utamanya adalah berziarah kepada sanak keluarga yang sudah mendahului kita; atau sesekali berziarah ke makam alim-ulama dan waliyullah di berbagai tempat.

7. Berusaha untuk selalu berdoa agar pada saatnya, kita dijemput kematian yang diridhai Allah SWT, yang khusnul khatimah, terbebas dari siksa kubur dan siksa api neraka; memperbanyak dzikir dan doa yang diajarkan Rasulullah SAW, yang dapat menjadi sarana bagi kita untuk mengingat kematian dan kehidupan sesudahnya.


Jangan takut akan mati
Takutlah akan kurangnya bekal yang bisa kita bawa bila mati

Artikel Terkait



Comments
2 Comments

2 komentar:

Prasetyo Budi said...

sebuah renungan yang sangat baik untuk kita, supaya lebih menghargai waktu yang singkat ini, untk mencari bekal untk dikehidupan yang kekal disana nanti. Mantap artikelnya sahabat.

Eka said...

dengan kita mengingat mati, Hidup pasti akan lebih berhati-hati dan tidak asal melangkah...
Makasih atas nasehat2 nya sobat .. sangat bermanfaat sekali ... :)