Goa Gong Kabupaten Pacitan

Goa Gong adalah salah satu obyek wisata di Kabupaten Pacitan. Terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Pacitan tepatnya di  di Desa Borno, Kecamatan Pucung, Kabupaten Pacitan. Goa Gong adalah salah satu goa yang terletak di perut gunung yang berada di Kabupaten Pacitan. Goa Gong berbentuk horisontal dengan panjang sekitar 256 meter. Didalam Goa Gong terdapat  stalaktit dan stalakmit yang umurnya surah ratusan tahun yang terbentuk dari endapan batu kapur dari tetesan air dari langit langit goa.
Selain memiliki stalaktit dan stalaknit yang katanya pating indah di asia tenggara, Goa Gong juga memiliki lima sendang yaitu : Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto.
Di dalam Goa Gong juga terdapat  batu kristal dan batu marmer yang kualitasnya mendekati sempurna.  
Mengapa dinamakan Goa Gong ?
Konon dari dalam Goa sering terdengar suara suara yang menyerupai Gong ( gamelan jawa). Jadi goa tersebut disebutnya sebagai Goa Gong.

Untuk menuju Goa gong ada dua jalur yaitu jalur barat melalui Kota Solo dan jalur timur melalui Kabupaten Madiun Kabupaten Ponorogo Kabupaten Pacitan.



Stalakmit Goa Gong
Stalaltit adalah :
adalah jenis speleothem (mineral sekunder) yang berdiri di dasar goa. Stalakmit terbentuk dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya, yang terendapkan pada larutan air bermineral.
Stalaktit Goa Gong
Stalaltit adalah :
adalah jenis speleothem (mineral sekunder) yang menggantung dari langit-langit Stalaktit terbentuk dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya, yang terendapkan pada larutan air bermineral.


Artikel Terkait



Comments
2 Comments

2 komentar:

COF said...

Memang indah banget goanya sobat, kalo dikelola dengan baik bisa jadi tempat rekreasi..

Tabah said...

wah dalemnya . .. keren banget arsitek alaminya. .. . hebat hebat subhanallah. . .

Kunjungan malem ahhhh. . . . :)