Dajjal

Kumpulan hadits di  bawah adalah beberapa cerita/ gambaran tentang dajjal

Rasullullah Muhammad s.a.w. bersabda: 
Allah tidak pernah menurunkan ke bumi sejak penciptaan Adam hingga tejadi hari kiamat, sebuah fitnah yang lebih besar dari fitnah Dajal. Saya telah mengatakan suatu perkataan yang belum pernah seorangpun mengatakannya (dari nabi) sebelumku.Dia (Dajjal) itu dari golongan manusia, dengan (ciri-ciri): rambut keriting, mata kiri buta, diatas mata kanannya ada alis yang tebal, dan ia mampu menyembuhkan kebutaan, dan penyakit belang-belang,


Rasullullah SAW bersabda : “Aku benar-benar akan memperingatkan kalian tentang Dajjal. Tidak ada seorang nabi melainkan ia pernah memperingatkan kaumnya tentang masalah tersebut. Tetapi aku akan mengatakan kepada kalian suatu ucapan yang belum pernah dikatakan oleh seorang nabi pun sebelumku. Dia itu (Dajjal) picak (bermata sebelah) sedangkan Alloh tidaklah picak” (Sahih Jami’ shogir 3495/ Al-Bany)

Dari Ibnu Umar RA. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: ” Ketika aku sedang tidur aku mengelilingi di Ka’bah?… (beliau menyebutkan bahwasanya ia melihat Nabi Isa bin Maryam, kemudian melihat Dajjal dan menyebutkan sifat-sifatnya). Ibnu Umar berkata: Tiba-tiba ada seorang laki-laki yang besar tubuhnya, berwarna merah, rambutnya pendek, matanya picak, seakan-akan matanya itu buah anggur yang mengambang, Mereka berkata: “Ini adalah Dajjal, manusia yang paling menyerupainya adalah Ibnu Quthn seorang laki-laki dari Bani Khuza’ah (Sahih Bukhori 13/90 dan Muslim 2/237).

Dari Nawwas bin Sam’an RA, ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda berkaitan sifat Dajjal: “Dia itu seorang pemuda, rambutnya pendek, matanya mengambang, seakan-akan aku menyerupakannya dengan Abdul ‘izz bin Qathn” (Sahih Muslim 18/65)

Rasulullah SAW bersabda:
 “Barangsiapa yang mendengar tentang kedatangan Dajjal, hendaklah ia menjauhinya. Demi Alloh sesungguhnya seseorang akan mendatanginya dan ia menyangka bahwa dirinya seorang yang beriman, lalu ia mengikutinya yang dapat menimbulkan berbagai syubuhaat” (Sahih Jami’ shogir 6301/ Al-Bany)

 Dalam hadits lainnya dijelaskan bahwa Dajjal tersebut akan datang sambil membawa neraka dan surga. Surganya adalah neraka, dan nerakanya adalah surga, dan ia memiliki sungai yang penuh dengan air, gunung dari roti. Ia akan menyuruh langit untuk menurunkan hujan, maka hujan pun turun dan menyuruh bumi untuk menumbuhkan beraneka macam tumbuhan maka tumbuhlah tanaman tersebut. Dan ia akan menempuh perjalanan dengan cepat, secepat air hujan yang ditiup angin, dan keanehan-keanehan lainnya. (HR Muslim 18/65-66)

Dajjal keluar pada saat agama mulai melemah dan ilmu pengetahuan tidak lagi di gubris. Ia akan tinggal dan berjalan dibumi selama 40 hari. Sehari pertama bagaikan setahun, sehari kemudian (kedua) bagaikan sebulan, dan sehari kemudian (ketiga) bagaikan satu jumat. 
Kemudian seluruh hari-harinya seperti harimu ini. Ia mengajak manusia untuk mengikuti lalu diikuti, dan mengajak orang- orang lalu ia membunuh mereka. Ia menampakkan dirinya pada mereka hal seperti itu terjadi hingga ia mendatangi Madinah.
Maka nampaklah agama Allah dan diamalkan; agama Allah diikuti dan ia (Dajjal) suka akan hal itu. Kemudian ia berkata setelah itu, "sesungguhnya aku seorang nabi!" lalu bergetarlah semua yang berakal dan mereka pun pergi meninggalkannya. Lalu ia tinggal setelah itu dan berkata, "Aku adalah Allah!" maka matanya menjadi tertutup, telinganya terpotong dan tertulis diantara kedua matanya kafir, yang terbaca oleh segenap mukmin yang mampu menulis dan yang tidak mampu menulis.
Dia membawa fitnah (cobaan bagi manusia) yang besar. Dia memerintahkan langit untuk menurunkan hujannya, maka turunlah hujan itu dan disaksikan oleh orang-orang.
Ketika Dajjal muncul, seorang lelaki dari orang-orang yang beriman mencarinya, maka ia bertemu dengan sekelompok dajjal-dajjal (kecil), lalu mereka bertanya kepadanya, "Apa yang kamu cari?" Dia (lelaki itu) menjawab, "saya mencari orang yang keluar!" lalu mereka bertanya kepadanya (kembali), "Apakah kamu tidak mempercayai tuhan kami?" Dia menjawab: "Tuhan kami tidaklah samar."
 Lalu mereka membawanya ke hadapan Dajjal (terbesar). Ketika orang beriman itu melihatnya, dia berkata, "Wahai sekalian mamusia, inilah dajjal yang telah disebutkan oleh Rasulullah s.a.w.

Maka Dajjal segera menyuruh merebahkan tubuh orang beriman tersebut, dan memerintahkan untuk mengupas kulit dan memukuli punggung dan perutnya. Lalu Dajjal bertanya, "Apakah engkau masih tidak mempercayai kami?" Dia menjawab, "Engkau adalah Dajjal si pendusta. Kemudian diperintahkan supaya (mukmin tersebut) digergaji dari atas kepalanya hingga kakinya menjadi dua bagian, lalu Dajjal tersebut berjalan ditengah dua bagian badan yang telah tebelah dua.
Kemudian Dajjal memerintahkan kepadanya, "Bangunlah!" maka bangunlah dan tegaklah dia. Kemudian Dajjal bertanya lagi, "Apakah kamu masih belum percaya kepadaku?" dia menjawab, "Tidak berkurang pengetahuanku tentang kamu, bahkan bertambah yakin." Kemudian orang beriman tersebut berkata, "Wahai sekalian orang, dia (Dajjal) tidak dapat berbuat demikian lagi kepada seorangpun (membunuh kembali mukmin tersebut).
 Maka dia (Dajjal) berusaha untuk membunuh kembali orang beriman tersebut. Tetapi Allah telah meletakkan diantara lehernya dan bagian belakang orang itu sebuah tembaga, hingga tidak mampu disembelih. (karenanya) kemudian dipeganglah tangan dan kaki orang (mukmin) tersebut lalu dilemparkannya. Mereka menyangka ia dilemparkan ke dalam neraka, padahal ia dilemparkan ke surga. Itulah manusia yang paling besar kesaksiannya (mati syahid) di sisi Tuhan Rabbul 'Alamin.
Kemudian kaum muslimin lari kegunung Dukhan di Syam, lalu (Dajjal) datang kepada mereka dan mengepungnya. Kepungan itu sangat hebat dan sangat membuat mereka lelah.

Ketika keadaan mereka seperti demikian keadaannya (genting), tiba-tiba terdengar suara panggilan dari sudut bukit, "Wahai sekalian manusia, aku mendatangkan untuk kalian pertolongan.
 Lalu sebagian mereka berkata kepada sebagian yang lain, "Sesungguhnya suara ini adalah suara laki-laki yang tidak pernah kelaparan."
Ibnu Maryam akan turun kepada umatnya (umat muhammad) diwaktu antara adzan dan iqomah. Ia turun di menara putih di timur Damaskus antara dua tempat. Ia menyandarkan kedua punggungnya pada sayap-sayap dua malaikat.
 Lalu turunlah (hadirlah) Isa ibnu Maryam ketika shalat shubuh, dan pemimpin (imam) mereka berkata kepadanya (Isa): "semoga Allah memberi ketenangan; silahkan (Nabi Isa) maju untuk memipin shalat!" Lalu dia (Nabi Isa) berkata: "Ummat ini adalah pemimpin (bagi) sebagian mereka kepada yang lainnya!" Lalu pemimpin (Imam) mereka maju dan memimpin shalat.
 Setalah menyelesaikan shalatnya, Isa mulai berperang, dan dia pergi kearah Dajjal. Ketika ia (Dajjal) melihatnya (melihat Isa), dia (Dajjal) merasa ketakutan (kemudian meleleh) sebagaimana timah meleleh, lalu dia (Isa) meletakkan antara dua dadanya (Dajjal), lalu membunuhnya, dan dia (Isa) juga memerangi para pengikut-pengikutnya. Pada saat itu tidak ada sesuatu yang dapat melindungi salah satu diantara mereka (pengikut Dajjal), sampai pohon akan berkata kepadanya: "Wahai orang beriman, ini orang kafir (bersembunyi)!" dan batu juga berkata: Wahai orang beriman, ini orang kafir!"

 Kemudian nabi Isa a.s. menetap di bumi selama 40 tahun sebagai pemimpin yang adil dan penengah yang jujur.

Rasulullah SAW bersabda:
 "Tidak ada antaraku dengannya (Isa) seorang nabi, dan sesungguhnya dia akan turun. Jika kalian melihatnya maka percayailah, seorang laki-laki yang kulitnya antara merah dan putih, pertengahan antara kedua warna tersebut, seakan-akan kepalanya basah sekalipun tidak dikenai air.

 Maka dia memerangi manusia demi islam, dia menghancurkan salib, menbunuh babi, membebaskan pajak, dan Allah menghancurkan pada zamannya itu semua agama kecuali Islam. Dia (Allah pada zaman itu) membinasakan si pembohong (Dajjal) (sehingga akhirnya penduduk di muka bumi ini merasa aman, sampai unta hitam bersusuhan dengan unta, singa dengan sapi, serigala dengan kambing, anak kecil bermain dengan ular tapi tidak membahayakannya.)

 Nabi Isa a.s. menetap di bumi selama 40 tahun sebagai pemimpin yang adil dan penengah yang jujur, kemudian dia wafat, maka orang-orang beriman menshalatkannya.

Kumpulan hadits terkait :
Isa Putra Maryam
Imam Mahdi

Artikel Terkait



Comments
7 Comments

7 komentar:

souvenir pernikahan said...

subhanallah....
kalau saya nggak mungkin sanggup kayak hal diatas tetap mempertahankan iman sampai nyawa melayang.

Tabah said...

yang pengen saya tanyakan bang . .. dajjal itu berwujut fisik atau hanya sifat yang dimiliki oleh manusia. seperti halnya saytan. . . ????

j O C y said...

Success is falling nine times and getting up ten.

sigit hermawan said...

yang wajar wajar aja ah..
hidup kita nggak selamanya...

Admint said...

Terimakasih sobat semua yang sudah mau berkunjung.
Susu Segar @ melihat analisa hadits di atas , dajjal yang di sebutkan di hadits adalah manusia. tetapi sifat sifat dajjal sudah ada sejak manusia ada.
HUWALLAHU ALAM .... Aku bukan alhi tentang agama. Apa yang aku tulis sebatas dari koleksi bacaanku untuk aku belajar menjadi lebih baik lagi.

Sunmagicflower said...

hello Sundul!
visits your acct..
have a nice day!
http://sunmagicflower.blogspot.com/

Sound of Life said...

Good day! Hope you have one.