Sarean Ratu Makam Eyang Maduretno

 Sarehan Ratu : Makam Eyang Maduretno, Eyang Ronggo Prawirodirjo

Gunung Bancak Magetan adalah suatu daerah perbukitan yang terletak di wilayah Kabupaten Magetan, tepatnya di perbatasan antara 3 wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Parang, Kecamatan Lembeyan, dan Kecamatan Kawedanan, tepatnya di Desa Giripurno.


Masih banyak yang belum tahu bahwasannya Gunung Bancak menyimpan suatu kisah yang begitu melegenda di Magetan yang keberadaannya  di buktikan dengan peninggalan sejarah berupa suatu makam yang sering di sebut oleh warga sekitar Gunung Bancak dengan Kuburan Ratu/ Sarean Ratu. Untuk mengetahui sejarah siapa saja yang di makamkan di situ silahkan aja masuk ke alamat http://mangunarsan.com/KISAH%201-3.htm .


Dahulu cerita orang tua, di dalam makam tersebut ada peninggalan dari jaman kerajaan berupa gentong dan kendi yang terbuat dari emas , tetapi sudah hilang karena dicuri orang.
Terlepas dari cerita semua itu, Sarean Ratu merupakan suatu peninggalan sejarah yang seharusnya tidak boleh dilupakan begitu saja.
Penduduk sekirar setiap tahun baru islam ( 1 Suro/Muharam ) selalu melaksanakan do'a bersama/ tahlilan di Sarean Ratu untuk mendoakan arwah arwah beliau yang tentunya untuk mengenang jasa jasa beliau kepada daerah tersebut.
Sehingga setiap tanggal 1 Suro di Sarean Ratu selalu ramai oleh para peziarah ataupun orang orang yang hanya berkunjung dan berlubur.


Jalan menuju Sarean Ratu sudah dibangun sejak masa Bapak Basofi Sudirman menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur sehingga bisa di akses dengan mudah memakai kendaraan roda dua, roda empat ataupun jalan kaki yang tentunya bisa sambil menikmati pemandangan alam sekitar gunung bancak yang begitu indah.


 Bagi pecinta alam tentunya tempat ini merupakan tempat yang sangat sesuai untuk menyalurkan hobi berpetualang. Dengan di dukung suasana alam yang begitu indah tentunya akan mendapat suatu tantangan dan sensasi petualangan yang berbeda dari tempat lainnya.

Artikel Terkait



Comments
11 Comments

11 komentar:

Wiwik Pw said...

Sundul...ada dulu teman waktu SMA . Dia punya pohon salak..hehe..tapi sejak lulus SMA lose contact

Sundul Satu said...

Temennya namanya siapa ????

reynee moreno rossy said...

aku suka bget isi blog km mas,haduh pengen rek

Hzndi said...

Pemandanganya indah :)

Nur Aiydha said...

bagus pemandangannya,, sejuk keliahatan :)

anie said...

cantiknya

Mas Harsono said...

saya sudah mengunjungi makam di Gunung bancak tersebut. dan jika diantara saudara ada waktu coba kunjungi makam di daerah taman, Madiun
lokasinya belakang masjid kuno Taman
yang di makamkan adalah kerabat kerajaan
R. Ronggo Prawirodirjo

dhitara said...

Juga d kuncen madiun merupakan makam tertua dari sarean ronggo jimeno dan pangeran samber nyowo atau mangkunegoro 1

Aldio Blog said...

kpan2 ane maeen kesana :)

de firdna said...

Dulu mbah saya tinggal disana sekarang cucu2ny gak ada yang tinggal di daerah sana.

Anonymous said...

Gbk club gunung bncak