Menulis di Blog Banyak Manfaatnya dan Asyik Juga

Menulis di Blog Banyak Manfaatnya dan Asyik Juga
Pada postingan hari ini aku hanya ingin mengajak sobat sobat di manapun anda berada untuk memulai belajar menulis. Menulis itu bisa dimedia apa saja yang biasa digunakan untuk menulis seperti buku atau getged elektronik yang bisa menyimpan tulisan kita sebagai file. Sebagai seorang blogger, aku juga menganjurkan untuk menulis di dalam sebuah blog. Seperti yang kita tahu, sebuah blog bisa kita gunakan untuk media penyimpanan sebuah karya tulis atau hasil dari tulisan kita secara online. Percayalah kalau menulis di blog itu banyak manfaatnya dan ternyata meng asyik kan juga lo.

Mengapa aku mengajak sobat semua untuk belajar menulis ?
Mengapa aku juga menyarankan untuk menyimpan tulisan kita di Blog ?

Yang jelas alasan dari semua itu karena memang menulis di sebuah blog atau bahasa ngetrennya ngeBlog sangat banyak  sekali manfaat yang kita dapatkan . Dan manfaat itu tidak hanya untuk kita sendiri yang nulis. Mungkin saja tulisan anda juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Untuk lebih jelasnya, simak saja beberapa manfaat menulis dan ngeBlog di bawah ini.

Manfaat Menulis / manfaat ngeBlog

1. Menulis bisa mencegah kepikunan.
Menulis itu sangat erat hubungannya dengan kerja otak kita. sebagaimana tubuh kita membutuhkan gerak dan olahraga untuk mengaktifkan otot otot kita, hati kita butuh ibadah untuk merefres hati, otak juga membutuhkan latihan berfikir secara positif guna menjaga kesegaran pikiran. Dan itu bisa dilakukan dengan menulis.

2. Menulis sebagai perekam jejak sejarah.
Sudah banyak contoh jejak sejarah yang dapat kita tahu sekarang ini karena ada tulisan atau cerita yang diwariskan oleh generasi terdahulu. Dengan menulis pengalaman kita yang bermanfaat di blog memungkinkan generasi yang akan datang bisa mengetahui apa yang terjadi di masa kita sekarang ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi bagi generasi mendatang

3. Menulis bisa untuk menjaga ilmu, pendapat, pemikiran, opini, dan argument dari kearifan, dan untuk menyebarkannya secara lebih luas.

Apabila anda mempunya ilmu atau pendapat, pemikiran, opini dan sebagainya akan lebih baik kalau dituliskan di dalam sebuah blog untuk dibaca orang lain. Siapa tahu kalau tulisan atau pendapat dan opini anda yang saat ini tidak diperhatikan oleh orang lain, di masa mendatang bisa jadi inspirasi bagi orang banyak.

4. Menulis bisa menjadi dakwah yang sangat bermanfaat.
Apabila anda mempunyai wawasan dan ilmu pengetahuan tentang Agama dan berbagai ilmu yang bermanfaat lainnya bisa dituliskan di dalam blog. Seiring kesibukan dari banyak orang, media internet merupakan alternatif termudah untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan. Sudah pasti kalau tulisan anda bermanfaat untuk orang lain bisa dijadikan sumber ilmu. Menulis tentang Agama di Blog juga memungkinkan akan berkelanjutannya manfaat ilmu yang Anda miliki walau mungkin anda sendiri sudah tidak ada lagi di dunia ini.

5. Menulis adalah media belajar.
Menulis adalah media belajar, dengan menulis akan mendorong dan menuntut kita menyerap, menggali dan mengumpulkan informsi sebanyak-banyaknya untuk menopang tema yang hendak ditulisnya, baik informasi yang bersifat teoritis atau berupa fakta-fakta yang terjadi. Jadi tulislah apa yang ingin anda tulis. Yang penting tidak berupa hujatan, pornografi atau hal yang jelek jelek lainnya. Jangan pernah takut kalau tulisan kita jelek atau tidak bermanfaat. Karena yang namanya belajar sudah pasti tidak bisa langsung baik. Biarlah orang lain yang menilai tulisan kita. Belum tentu yang menurut kita tidak bagus, tidak bagus juga untuk orang lain. Tuliskan saja apa yang menurut anda baik dan bermanfaat bagi orang lain.

6. Menulis adalah investasi.
Investasi tidak hanya berupa modal dan uang. Karya tulisan bisa digunakan sebagai investasi untuk kita. Kalau tulisan kita bisa bermanfaat untuk orang lain dan membawa kebaikan untuk orang lain, maka hasil tulisan kita bisa merupakan suatu investasi amal bagi kita. Banyak orang yang terinspirasi dan termotifasi oleh tulisan orang lain. Banyak orang yang bertambah ilmunya karena tulisan orang lain. Banyak orang yang ingin merubah hidupnya menjadi lebih baik karena telah membaca tulisan orang lain. Jadi tilisan yang baik dan bermanfaat  untuk kebaikan orang lain bisa dijadikan sebagai  ladang amal bagi penulisnya.

7. Menulis akan membentuk pribadi yang bijak dan santun.
Semakin banyak menulis sudah pasti seseorang akan semakin banyak belajar untuk menulis yang lebih baik lagi. Dengan belajar dan terus belajar memungkinkan seorang yang suka menulis akan semakin pandai menghargai hasil karya tulisan orang lain.

8. Menulis akan menghasilkan ide-ide baru.
Seseorang kalau sudah terbiasa menulis sudah pasti akan selalu mencari inspirasi untuk bahan tulisannya. Semakin banyak pengetahuan yang didapatkan tentunya juga akan memunsulkan ide ide baru yang bisa dituangkan dalam tulisannya.

9. Menulis bisa melatih memecahkan masalah.
Menilis merupakan media untuk mengeluarkan segala uneg uneg, pendapat, opini dan gagasan yang ada di pikiran. Dengan semakin banyak yang membaca tulisan kita juga akan semakin banyak tanggapan kritik dan opini yang pro dan kontra. Sehingga hal seperti itu bisa membuat penulisnya akan semakin dewasa menyikapi pendapat orang lain dan sudah pasti akan berusaha mencari jalan keluar untuk penyelesaian yang lebih baik. Jadi menilis bisa digunakan sebagai ajang melatih kita untuk terus berfikir dan mencari jalan keluar terbaik dari masalah masalah yang timbul.


Masih banyak manfaat dari menulis. Beberapa hal diata meripakan sebagian kecil saja dari manfaat dan kegunaan yang bisa kita dapatkan apabila kita mau berusaha untuk menulis atau ngeBlog.
Mari kita belajar untuk menulis atau ngeBlog. Karena dengan Blog kita bisa menyapa dunia. Dengan menulis di blog memungkinkan tulisan kita bisa dibaca oleh banyak orang di segala penjuru dunia yang bisa mengakses internet.

Mari kita belajar menulis.
Menulis itu banyak manfaatnya.
Menulis itu mengasyikkan juga.

Salam blogger dari Desa Sundul, Parang Magetan

Sundul

Artikel Terkait



Comments
4 Comments

4 komentar:

cak oni said...

setuju banget sama akangnya , apalagi nge blog itu bisa juga buat berbagi ilmu

mbogo.net said...

Sangat setuju sekali dengan opini anda. Dengan nggblog aku bisa mengenal dunia lebih luas.

Mang Lembu said...

setuju dari no 2 sampai dengan no 9, kalau yang no. 1 saya kurang sependapat, buktinya saya nulis diblog...pikun mah teruss, gara gara pikun saya sering kehilangan kacamata, padahal kacamataku nemplok dijidat...tuh gituh kang...jadi saya tidak setuju menulis mencegah kepikunan...;o)

elf said...

setuju gan
apa yg ditulis semuanya benar
-nice-