Kesombongan Membuat Hidup Tidak Bahagia

Kesombongan Membuat Hidup Tidak Bahagia
Kesombongan atau sifat sombong bisa jadi merupakan awal dari hidup seseorang menjadi tidak bahagia. Sobat semua sudah tahu kan apa itu kesombongan atau sifat sombong. Sombong sendiri bisa diartikan sebagai sifat yang merasa diri paling hebat, paling pinter, paling cantik, paling tampan, paling kaya dan sebagainya. Banyak dari kita yang terjebak dalam lingkaran kesombongan. Ada yang memang sengaja menyombongkan diri, dan mungkin saja ada yang tidak menyadari kalau dirinya sudah menyatu dengan kesombongan itu.

Ada banyak faktor yang menjadikan seseorang menjadi Sombong diantaranya :

1. Nasib Baik
Karena mempunyai nasib yang baik seperti Kaya, Ningrat, Keturunan orang hebat dan sebagainya bisa menjadikan orang tersebut merasa dirinya lebih tinggi dari orang lain sehingga dalam segala hal ingin menjadi nomor satu.

2. Pandai dan Hebat
Kepandaian atau memiliki ilmu yang banyak juga dapat menyeret manusia ke lembah kesombongan. Merasa dirinya paling pandai dan hebat sehingga timbul anggapan bahwa orang lain tidak berguna dan tidak bermanfaat dan hanya sebagai pelengkap dalam kehidupan ini.

3. Amal dan Ibadah
Perbuatan yang baik ini juga sering membawa manusia ke lembah keangkuhan. Karena merasa ibadah dan amalannya sangat banyak lalu menganggap dirinyalah yang paling alim dan merasa paling pantas untuk masuk Surga dibandingkan orang lain.

4. Wajah rupawan
Kecantikan atau ketampanan sering membawa pemiliknya menjadi manusia yang sombong dan angkuh sehingga begitu gampang merendahkan martabat manusia lainnya hanya karena wajah yang tidak seindah dirinya.

5. Kekurangan / kebodohan
Bukan hanya kelebihan akan suatu hal yang membuat manusia menjadi sombong. Tetapi karena kekurangan dan kebodohan juga bisa memaksa seseorang nekat menyombongkan diri. Banyak manusia yang tidak terima dengan kekurangan yang dia miliki. Sehingga orang tersebut berusaha menutupinya dengan Kesombongan. Sombong sengan sesuatu yang tidak bisa disombongkan.

6. Dan masih banyak lagi hal hal yang menyeret manusia terjebur ke lembah sekombongan dan keangkuhan.

Kesombongan bisa bisa menjadikan hidup dan kehidupan seseorang menjadi tidak bahagia. Karena sudah pasti akan dijauhi oleh teman dan orang lain. Karena sifat ini yang akan membawa masalah dalam pergaulan dan kerja sehingga bisa berakibat kepada kegagalan. Kesombongan tidak bisa menciptakan kawan-kawan baru tapi musuh-musuh baru yang akan berada disekeliling kita. Lingkungan yang mestinya bisa dibina justru dihancurkan dengan sifat ini, jadi bukan lagi menjadi pembangun tapi penghancur atau perusak.
Orang sombong biasanya bertingkat laku yang berlebihan yang biasanya dilakukan untuk menutupi kekurangan dirinya. Karena tidak ada orang yang sempurna maka biasanya tingkah ini dilakukan seseorang untuk menutupi banyak kekurangan dirinya.
Pada hakekatnya kesombongan bisa membuat seseorang tidak bahagia dalam hidupnya.
Sundul

Artikel Terkait



Comments
1 Comments

1 komentar:

cak oni said...

apalagi masalah kekayaan kang ,, itu sering membuat orang sombong