Peluklah Aku Demi Jantung Mu

Peluklah Aku Demi Jantung Mu
Daily Mail, Senin (12/11/2012) "Emosi positif yang dialami saat berpelukan bisa berkembang menjadi reaksi biokimia dan fisiologis," kata Dr Jan Astrom yang melakukan penelitian tentang hal itu dan melaporkannya di jurnal Comprehensive Psychology.

 Pemberitaan seperti diatas sangat menarik sekali untuk disimak. Berpelukan bisa menyehatkan jantung kita. Tetapi tentunya ini dilakukan dengan pasangan sendiri. Karena kalau berpelukan dengan bukan pasangan sendiri biasanya akan meningkatkan detak jantung dan tidak beraturan. jadi jantung kita malah tidak menjadi sehat.

Menurut penelitian para ahli berpelukan selain bisa menyehatkan jantung kita juga berefek positif pada kondisi tubuh dan pikiran kita, diantaranya :
  • Berpelukan bisa menurunkan stress karena saat berpelukan bisa melepaskan hormon anti stress sehingga berpelukan bisa mengurangi resiko depresi dan pada akhirnya bisa meningkatkan sistim imun kekebalan serta kerentanan infeksi firus.
  • Penelitian lain mengungkap, berpelukan akan mengaktifkan salah satu sensor sentuhan di kulit yang dinamakan Pacinian corpuscles. Jaringan berbentuk oval yang berfungsi sebagai pusat penerima rangsang tekanan tersebut terhubung langsung ke otak melalui saraf vagus.
  • Bukan hanya ke otak, saraf vagus juga memiliki jalur tersenduri ke beberapa organ vital dalam tubuh manusia termasuk di antaranya adalah jantung. Salah satu teori mengatakan, stimulasi pada saraf vagus paling berperan dalam pelepasan oksitosin.
Jadi bisa disimpulkan, supaya jasmani dan rohani kita lebih sehat, maka mari kita budayakan berpelukan ( tentunya dengan pasangan masing masing ). Ajak suami atau istri anda untuk berpelukan setiap hari walaupun hanya beberapa detik saja. 
Kalau pasangan anda enggan diajak berpelukan maka berikanlah sedikit rayuan kepada pasangan anda.
Contohnya seperti ini : 
Sayang .... Peluklah diriku, setidaknya demi kesehatan jantungmu. Karena aku sangat menyayangi jantungmu. Karena kalau kamu tanpa jantung ... apa jadinya diriku.

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.
Sundul

Artikel Terkait



Comments
6 Comments

6 komentar:

Unknown said...

dan perlu diinget kalau berpelukan jangan di pinggir jalan apalagi di alun-alun hehehhe

mbogo.net said...

hehehehe... di pinggir alun alun makan bakso aja mas enak,, :))

eksak said...

Well! Nic info, guys! Apalagi meluk macan, bisa bahaya buat kesehatan jantung dan nyawa tuh! Bhahaha

muarra said...

wah kalau plukan ntar detak jantung kecepatan n bisa jantungan bro,,
pa lagi kalau plukan tangan juga gerak2 di ikutin organ tubuh lainnya,, wah bisa gawat, nanti judulnya bukan peluklah aku demi jantungmu tapi.....

wongcrewchild said...

tips asyik, dan mnyehatkan...mesti sering pelukkan

Bisnis Online HYIP said...

Sini saya peluk gan ckckc :D
salam kenal yaa