Buah Talok Banyak Manfaatnya ternyata

Di kebun ada pohon buah talok. Di pinggir jalan ada pohon buah talok. Di sawah tumbuh pohon buah talok. Di pekarangan kosong juga ada pohon buah talok. Pokoknya di hampir sembarang tempat bisa kita jumpai pohon buah talok.

Pohon talok bisa tumbuh dengan cepat. Biasanya penyebarannya selain dari manusia juga dari burung pastinya. Karena buah talok yang manis sangat di sukai burung. Manusia juga banyak yang suka lo.
Pohon buah talok yang rindang juga bisa difungsikan sebagai pohon peneduh. Dan juga bisa sebagai tempat bermain anak anak. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah dahan pohon talok yang getas atau mudah patah sehingga bisa membahayakan anak anak yang memanjatnya .

Selain dari pada itu, buah talok yang manis ternyata banyak manfaatnya juga bagi manusia. Pengetahuan ini aku dapatkan dari browsing di internet. Setelah membaca isi salah satu postingan yang membahas buah talok jadi sedikit terkejut juga karena bagitu banyaknya manfaat dan kegunaan dari buah talok untuk tubuh kita.

Inilah sedikit keterangan tentang manfaat dan kegunaan dari buah talok.

Gersen/kersen atau talok atau cheri ini sejenis tanaman perdu yang mampu mencapai tinggi 12 meter walaupun rata-rata tingginya hanya 1-4 meter,memiliki nama ilmiah Muntinga Calabura, berbuah bulat kecil jika masak buah berwarna merah dan jika masih muda buahnya berwarna hijau,berasa manis dan memiliki biji-biji kecil yang banyak seperti pasir, Cabangnya mendatar dan membentuk naungan yang rindang.

Buah kersen di daerah srilangka sering diawetkan dan dibuat selai jam fruit. Buah ini sangat digemari di mexico dan umumnya di jual pada pasar-pasar tradisional dalam jumlah yang banyak. Jus buah kersen sangat bermanfaat dan memiliki kandungan yang lebih jika dibandingkan dengan berbagai larutan isotonik yng kini banyak beredart di pasaran. Kandungan buah kersen setiap 100 gram kersen terkandung : air (77,8 gram),protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 mg), fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), karoten (0,019g), tianin (0,065g), ribofalin (0,037g), niacin (0,554 g) dan kandungan vitamin C (80,5 mg) nilai energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram. sedangkan daun kersen telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional yang digunakan sebagai obat sakit kepala dan anti radang oleh masyarakat Peru.

Data Ilmiah kersen

Pada tanaman kersen sudah banyak dilakukan penelitian-penelitian ilmiah yang menghasilkan data-data ilmiah tentang kandungan yang dihasilkan oleh tanaman ini diantaranya:
Antiseptik
Kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkasiat sebagai pembunuh microba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik. Dari penelitian yang dilakukan oleh penelitian herbal dari malaysia didapat hasil bahwa rebusan daun Kersen dapat digunakan untuk membunuh bakteri C. Diptheriea, S. Aureus, P Vulgaris, S Epidemidis dan K Rizhophil pada percobaan yang dilakukan secara invitro
Antiflamasi
Rebusan daun kersen juga memiliki kasiat anti radang atau mengurangi radang (antiflamasi) dan juga menurunkan panas, ini data dari hasil penelitian dengan menggunakan hewan tikus sebagai objek penelitian.
Antitumor
Kandungan senyawa flavonoid yang dikandung daun kersen ternyata memiliki kasiat dapat menghambat perkembangan sel kanker (mouse hapatoma) secara laboratoris yang dilakukan para ilmuwan dari peru
Penyembuh asam Urat
Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat denga cara mengkonsumsi bauh kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.

Setelah tahu sedikit manfaat dari buah talok atau cheri atau kersen, kini saatnya tahu seperti apa buah talok tersebut. Inilah foto fotonya :

Bunga dari buah talok atau cheri

Buah talok yang belum matang

Buah talok yang sudah masak atau matang
Mungkin salah satu mengapa Orang desa pada sehat dan jauh dari penyakit aneh aneh karena suka memakan buah talok. InsyaALLAH.
Terima kasih ya ALLAH yang telah menciptakan Pohon talok dengan buah yang manis dan merkhasiat bagi manusia.

Tetapi ada yang perlu diperhatikan tentang pohon talok yang ada di pekarangan.
Sebaiknya tanaman pohon taloh diletakkan jauh dari bangunan ruman. Karena akarnya yang panjang dan daya tumbuhnya yang kuat bisa merusak atau mematahkan pondasi rumah. 
Sundul

Artikel Terkait



Comments
4 Comments

4 komentar:

BlogS of Hariyanto said...

dulu banyak pohon kersen yang tumbuh disekitar rumahku, namun sekarang sudah tak ada lagi..tergusur oleh pembangunan...dan entah dimana bisa ketemu lagi dengan pohon kersen di makassar :)

mbogo.net said...

wah akeh yo manfaate.. di depan rumahku waktunya berbuah nih.

Yousake NKRI said...

wah, ternyata itu ya kang manfaatnya...

Unknown said...

baru tau ane gan. Nice share