Sabda Bupati Magetan Kepada Desa Sundul

Kisah ini aku dapatkan dari cerita Almarhum Kakekku. Kisah ini menceritakan Sabda Bupati Magetan kepada Desa Sundul ( Masyarakat Desa Sundul ) dan entah suatu kebetulan atau memang sudah di gariskan oleh Allah Pencipta Alam, Sabda Bupati  Magetan tersebut terlaksana/  benar terjadi  di jaman ini. Orang jawa bilang Sabdo Pandito Ratu ( Sabda Raja atau Pemimpin ).
Yang aku sayangkan dari kisah ini adalah aku sudah lupa kejadian atau cerita ini terjadi pada pemerintahan bupati siapa. 
Langsung Saja ceritanya kurang lebih sebagai berikut :

Diceritakan pada jaman dahulu Kabupaten Magetan dipinpin oleh seorang Raja atau Bupati yang sangat arif dan bijaksana yang begitu memperhatikan keadaan dan nasib rakyatnya. Untuk mengetahui keadaan rakyatnya Kanjeng Bupati  Magetan tidak segan segan meninggalkan kota raja untuk Anjajah Deso Milangkori, melakukan perjalanan dari desa ke desa untuk mengetahui dengan pasti keadaan rakyatnya dan apa yang paling dibutuhkan warga masyarakat di wilayahnya Kabupaten Magetan.

Agar tidak diketahui keberadaannya atau identitasnya, Kanjeng Bupati  Magetan melakukan perjalanan dengan menyamar sebagai pengamen/ mbarang ketoprak keliling (Tonel Ketoprak), yaitu dengan diikuti oleh beberapa abdi dalem Kanjeng Bupati mengadakan pertunjukan ketoprak keliling dari kampung ke kampung.

Suatu hari sampailah rombongan ketoprak keliling Kanjeng Bupati sampai di Desa Sundul dan melakukan pentas beberapa hari di Desa Sundul. Pentas ketoprak berjalan seperti biasa. Banyak orang berbondong bondong menonton ketoprak yang memang jarang sekali ada hiburan seperti itu.

Di luar waktu pentas Kanjeng Bupati suka berjalan jalan keliling desa sambil melihat lihat keadaan desa. Di tengah perjalanan ada seseorang yang dengan rasa takut dan dengan penuh rasa hormat menjumpai beliau dan memohon kepada beliau untuk berkenan mampir ke rumahnya. Karena permohonan yang begitu tulus akhirnya Kanjeng Bupati berkenan juga mampir ke rumah orang tersebut.

Di dalam rumah seperti kebiasaan menerima seorang tamu, tuan rumah menyuguhkan makanan dan minuman seadanya yang dia punyai. Kanjeng Bupati  Magetan merasa aneh dan heran melihat sikap orang tersebut yang begitu santun, sopan dan sedikit takut.

  • Kanjeng Bupati : Terima kasih atas kebaikan sampeyan, Tetapi mengapa sampeyan terlihat takut dan gugup ?
  •  Rakyat Sundul : Bagaimana saya tidak gugup dan takut,  kami hanya rakyat kecil berhadapan dengan Panjenengan
  • Kanjeng Bupati : Sampeyan mengenal saya
  •  Rakyat Sundul : Iya Kanjeng ... Panjenengan adalah Kanjeng Bupati Magetan
  • Kanjeng Bupati : Bagaimana bisa kamu mengenali saya, Selama aku Anjajah Deso Milangkori, keluar masuk kampung, hanya di sini ada orang yang mengetahui penyamaranku.
  •  Rakyat Sundul : Hanya orang bodoh yang tidak mengenali pemimpinnya yang terkenal dengan kearifan dan kebijaksanaannya.
  • Kanjeng Bupati : Pancen wasis sliramu. Seksenono mbesuk yen ono rejaning jaman Deso Sundul iki akeh nglairke wong sing pinter lan duwor drajate. ( Memang tajam penglihatanmu, saksikanlah ... Besuk kalau jaman sudah maju Desa Sundul ini akan melahirkan orang orang yang pandai dan berpangkat tinggi.
Dari cerita yang singkat di atas kalau diambil garis besarnya Kanjeng Bupati  Magetan pada waktu itu pernah bersabda ( berdoa ) bahwa bila negara sudah maju Desa Sundul akan banyak melahirkan orang yang pandai  dan berpangkat tinggi dan menurut aku memang terbukti. InsyaAllah.

Desa Sundul adalah desa yang paling kecil di wilayah Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, tetapi sangat terkenal dengan melahirkan orang orang yang sukses berkarir di Pemerintahan, Pendidikan, BUMN, Militer, Kesehatan dan berbagai bidang yang tersebar di wilayah Nusantara ini. Ada yang jadi Mentri di jaman Orde Baru, Kepala Bulog Pusat, dan instansi pemerintah lainnya. Dan baru baru ini Desa Sundul melahirkan dua generasi Bangsa yang lulus dari Akademi Militer Indonesia dengan peringkat terbaik di angkatannya. Ada lebih dari seratus warga yang ber KTP Desa Sundul yang berprofesi sebagai Tenaga Pengajar yang masih aktif. Sangat tidak mengherankan apabila menjumpai warga Desa Sundul dalam satu keluarga ada dua atau lebih anggota keluarganya yang berprofesi sebagai Tenaga Pengajar/Guru.

Sebenarnya masih banyak yang bisa dijadikan bukti atas mujarabnya doa Kanjeng Bupati  Magetan.
Terima Kasih kepada Kanjeng Bupati  Magetan yang telah mendoakan Desa Sundul sehingga melahirkan generasi yang mampu ikut berperan memajukan Indonesia tercinta ini.


Sundul

Artikel Terkait



Comments
9 Comments

9 komentar:

aida said...

aku hadir kasih support untukmu
maaf beberapa hari gak absen disini

Ririe Khayan said...

Baru tahu kalau ID yang di gunakan : Sundul ini nama sebuah desa..

Salam hangat utk warga di SUndul ya sob:)

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Lukman Hakim said...

Subhanallah bijaksananya beliau,
dan aku baru tahu sejarahnya nama sundul...
I like it freind.. ^_^

wongcrewchild said...

sperti namanya "sundul", menggapai sesuatu yg tinggi
desa sundul smoga smakin maju dg potensi sdmnya yg luarbiasa

Aldio Blog said...

absen dulu sobat, sebelum menjelang tidur :)

penyuluh perikanan said...

Postingan yang sangat keren sobat, saya juga baru tahu sekarang yang namanya desa sundul ini, dan ternyata desa ini banyak memproduksi orang2 sukses ya sobat, kalau begitu selamat juga buat sobat sebagai orang yang sukses juga yah...Okey sobat,
terima kasih, salam kenal. jangan lupa mampir juga yah
ditunggu
terima kasih

Desa Cilembu said...

kenapa para pemimpin kita saat ini ngga ada satupun yang mewarisi kearifbijaksanaan seperti pemimpin kita jaman dulu ya mas? dan ngga ada satupun pemimpin kita yang berani menyamar sebagai rakyat jelata untuk melihat kehidupan rakyatnya...sekarang para pemimpin kita naek mobil ajh dikawal dan semua pengguna jalan harus menyingkir.."pejabat mau lewat"...sombong dan congkak sudah mendarah daging..kenapa ngga pada mati saja mereka ya?

ROKIB said...

Alhamdulillah......
tanah kelahiran yang mendidik dan membesarkanku sekarang sudah maju dan mampu melahirkan generasi penerus bangsa...
tetap jaya desa Sundul..
AKU BANGGA SEBAGAI WARGA DESA SUNDUL...!!!!!