Tempat Paling Berhantu di Sundul.

Manusia dan jin hidup di alam yang berbeda. Tetapi sesungguhnya alam manusia dan alam jin itu berdampingan. Di postingan ini aku akan berbagi cerita tentang tempat berhantu di Desa Sundul.
Hantu termasuk golongan jin juga. Tetapi katanya hantu adalah jin dengan kasta paling bawah yang suka usil kepada manusia dengan menampakkan diri di hadapan manusia.

Postingan ini berjudul tempat berhantu, bukan tempat angker. Karena tempat angker itu relatif, tergantung manusianya yang menyebutkan. Tempat berhantu disini maksudnya adalah tempat dimana jin atau hantu sering menampakkan wujudnya kepada manusia.

Inilah tempat paling berhantu di Desa Sundul.

Kuburan Seklatak
Di salah satu pemakaman Desa Sundul yang sering disebut dengan kuburan seklatak sudah sangat terkenal dengan penampakan hantu yang bermacam macam.
Macam hantu yang muncul ( sesuai julukan umum masyarakat sekitar )
  • Medon / medi acir : Hantu ini semacam pocong tetapi tidak berwajah seperti cerita pocong. penampakannya bisa berubah memanjang sangat tinggi.
  • Hantu wanita : sosoknya seperti wanita cantik. Tetapi lama kelamaan wajahnya berubah merah dan sangat menakutkan
  • Jrangkong/Tengkorak : penampakannya seperti kerangka manusia tetapi bisa berjalan ( tulang berjalan )
  • Genderuwo : hantu tinggi besar dan warnanya serba hitam pekat.
  • Hantu kelinci : bentuknya seperti kelinci biasa, tetapi namanya hantu, datang dan pergi seenaknya.
  • Dan lain lain
Beberapa cerita penampakan :

*** Pak Mulyono ( Pak Mul ) adalah orang yang tidak pernah takut dengan yang namanya hantu. Waktu pembangunan sunur bor di depan makam, dialah orang yang berani menjaga peralatan bor selama pengerjaan sumur yang lamanya 1 bulan lebih. Banyak cerita yang dikisahkan olehnya selama menunggu peralatan sumur bor tersebut.
a. Dia pernah didatangi wanita yang sangat cantik didepan bedeng pembuatan sumur. Semakin didekat hantu itu semakin mundur dan wajahnya menjadi memerah. Pak Mulyono memberanikan diri untuk mengejarnya. Hantu itu lari dan menghilang. 
Jangan takut hantu, hantu juga takut pada manusia.
b. Suatu malam dia mendengar suara gemlotak( klutet klutek )  dari tengah makam. Karena penasaran dia ingin melihat dengan cara merangkak mendekati suara tersebut. Setelah dirasa cukup dekat, dia mengintipnya. Ternyata yang tampak adalah tengkorak/ragasan yang berjalan. Tengkorak tersebut akhirnya masuk kedalam tanah. Keesokan harinya Pak Mul melihat tempat masuknya tengkorak tersebut. Ternyata sebuah kuburan tua yang sudah tidak terurus berlubang. Akhirnya Dia mengambil cangkul dan menutup lobang tersebut.
c. Suatu malam Pak Mul juga melihat penampakan medon yang sangat banyak berbaring berjajar hampir memenuhi lapangan di sebelah pemakaman. Pak Mul hanya berani melihat dari bedeng dan tidak berani mendekat. Karena konom hantu medon bisa menyemburkan api dari muludnya.
Dan masih banyak cerita lain yang terlalu banyak untuk dituliskan di sini.

*** Diceritakan beberapa orang tua.
Pernah ditemukan seorang pedagang keliling yang hampir seluruh tubuhnya melepuh seperti tebakar.
Untuk pergi ke pasar pedagang itu selalu berangkat pada malam hari karena harus jalan kaki yang dengan jarak yang sangat jauh. Malam itu seperti biasa dia pergi kepasar. Di seklatak di tengah jalan yang masih sempit ada sesosok berdiri yang dikirranga orang. Karena menghalangi dia yang sedang memikul dagangan, dia menyapa sosok tersebut untuk menepi agar dia bisa lewat. Karena beberapa kali menyapa tak di jawab, maka pedagang tersebut meneruskan berjalan dengan perlahan siapa tahu sosok di depannya mau minggir ke tepi jalan. Tanpa di sangka sosok tersebut berbalik dan mengeluarkan api dari muludnya diarahkan ke wajah dan tubuh pedagang tersebut. Akhirnya di pingsan dan ditemukan oleh orang yang berangkat ke sawah pagi harinya.

*** Cerita banyak orang
Banyak orang yang pernah menjumpai kelinci kerkeliaran di sekitar kuburan seklatak ( pada malam hari tentunya ). Ada yang langsung lari terbrit birit, ada juga yang iseng mencoba menangkapnya. tetapi belum ada cerita yang bisa menangkap kelinci tersebut. Banyak yang cerita apabila kelinci itu muncul dan berani mencoba menangkapnya, kelinci yang mulanya cuma beberapa bisa bertambah menjadi ratusan bahkan mungkin ribuan ekor.

*** Pak Ndiman Pedagang Bakso.
Dia kalau belanja daging untuk baksonya selalu berangkat malam hari untuk mendapatkan daging yang bagus. Suatu malam dia berangkat belanja dengan sepeda motornya. Sebelum sampai jalan menanjak seklatak dia mengerem sepedanga dengan sekuat tenaga karena dia melihat ada  dua sosok putih tinggi  sekali (medon) berdiri di kanan dan kiri jalan. Langsung saja dia balik arah dan mencari jalan lain. Sampai di pasar dia membelanjakan semua uang yang dibawanya. karena mitosnya apabila hantu itu menampakkan diri ke manusia, rejeki hantu itu beralih ke manusia yang melihatnya. Cerita pak Ndiman bahwa pada hari itu dagangannya yang lebih banyak dari biasanya habis dengan cepat.

*** Dan masih banyak lagi cerita hantu tentang kuburan seklatak seperti ada 1 truk yang mengirim kayu jati gelondongan  ke daerah situ, orang nyasar hingga tidur di beranda mayat ( pandoso ), penebangan pohon yang tidak mau roboh dan lain sebagainya.

Tetapi carita di atas sudah mewakili bahwasannya kuburan seklatak memang tempat yang sangat berhantu dan banyak sekali macam hantunya. Semoga bisa menambah koleksi cerita hantu anda.

Jangan terlalu takut dengan hantu. Semakin anda takut semakin mudah anda melihat penampakan hantu.
Penampakan hantu bisa juga hanya sugesti dari pikiran kita sendiri.

Tempat tempat lain yang berhantu di Desa Sundul
  • Puskesmas Sundul
  • Gedung MI Sundul
  • Boh Ceklek/Jembatan Patah
  • Gunung Seprecet
  • DLL

Artikel Terkait



Comments
3 Comments

3 komentar:

Desa Cilembu said...

serem banget ya...banyak pula tempat yang berhantu disundul, gimana kalau potensi ini digali dijadikan SESUATU..yang dapat meningkatkan PAD geto..wkwkwk

salam sehat selalu

Unknown said...

Manusia dan jin hidup berdampingan.Seperti cerita Pak Mul Jangan takut hantu, hantu juga takut pada manusia.
Nice share kawan,thanks ya,happy blogging.

Unknown said...

sedikit crita deh. hari ini disekitaran rumah admin ada yang hajatan kan. jadi lajan situ titutup. nah tadi saya berangkat ngambil jahitan di kerdu jam 5 sore. berhubung kain jahitannya belum jadi, aku nunggu sampai pulang dr tempat penjahit jam 6. di kondisi itu saya nekat untuk kewat seklatak, nyalikupun di uji. alhamdulillah gak ada apa2.
by cah silir krajan (http://magetanpunyakita.blogspot.com)