Telur Nebula yang 'Searchlight' Balok


Telur Nebula yang 'Searchlight' Balok

Teleskop NASA / ESA angkasa Hubble telah berada di ujung tombak penelitian apa yang terjadi pada bintang seperti matahari kita di ujung hidup mereka. Satu tahap bahwa bintang-bintang melewati karena mereka kehabisan bahan bakar nuklir disebut preplanetary atau tahap nebula protoplanet. Gambar Hubble dari Nebula Telur menunjukkan salah satu pemandangan terbaik sampai saat ini fase singkat namun dramatis dalam kehidupan seorang bintang.

Tahap nebula preplanetary adalah waktu yang singkat dalam siklus evolusi bintang, dan tidak ada hubungannya dengan planet-planet. Selama beberapa ribu tahun, sisa-sisa panas dari bintang tua di pusat nebula panas itu, merangsang gas, dan membuatnya bersinar sebagai nebula planet berikutnya. Jangka hidup singkat nebula preplanetary berarti ada relatif sedikit dari mereka ada pada satu waktu. Selain itu, mereka sangat redup, membutuhkan teleskop kuat untuk dilihat. Kombinasi langka dan pingsan berarti mereka hanya ditemukan relatif baru-baru ini. Nebula Telur, yang pertama untuk ditemukan, pertama kali melihat kurang dari 40 tahun lalu, dan banyak aspek dari kelas ini objek tetap diselimuti misteri.

Pada bagian tengah gambar ini, dan tersembunyi dalam awan debu tebal, adalah bintang pusat nebula itu. Meskipun kami tidak dapat melihat bintang secara langsung, sinar sorot empat dari cahaya yang datang dari bersinar melalui nebula. Diperkirakan bahwa cincin berbentuk lubang di kepompong tebal debu, diukir oleh jet yang berasal dari bintang, membiarkan berkas cahaya muncul melalui awan jika tidak buram. Mekanisme yang tepat dimana jet bintang menghasilkan lubang ini tidak diketahui secara pasti, tapi satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa sistem bintang biner, bukan bintang tunggal, ada di pusat nebula.

Struktur bawang-seperti berlapis awan lebih menyebar sekitar kepompong pusat disebabkan oleh semburan periodik material yang dikeluarkan dari bintang sekarat. Semburan biasanya terjadi setiap beberapa ratus tahun.

Jarak ke Nebula Telur hanya dikenal sangat kurang, yang terbaik menebak menempatkannya pada sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi. Hal ini pada gilirannya berarti bahwa para astronom tidak memiliki angka yang akurat untuk ukuran nebula (mungkin lebih besar dan lebih jauh, atau lebih kecil tapi lebih dekat).

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: