Mencari Ketepatan Arah Kiblat

Seorang muslim apabila melakukan sholat wajib menghadap kiblat. Dan kiblat umat muslim adalah Baitullah Ka'bah di kota mekah. Bagi umat muslin di Indonesia perkiraan arah Ka'bah  sekitar 10 - 15 derajat dari arah barat ke utara, tergantung dimana letak daerah kita. Walau bukan suatu keharusan arah kiblat kita harus tepat ke arah Ka'bah, seperti orang yang berada di suatu daerah yang baru dan masih bingung menentukan arah kiblat waktu akan melakukan sholat, orang tersebut boleh mengambil arah kiblat sesuai dengan keyakinannya saat itu, tetapi alangkah lebih mantap lagi sholat kita apabila arah yang kita ambil ketepatannya mendekati dari arah yang sebenarnya.

Seperti yang selama ini aku lakukan, apabila melakukan sholat di rumah ternyata selama ini arah yang aku ambil melenceng sangat jauh sekali. Semohga Allah mengampuni dosa dan kesalahanku. Amin. 
Semua itu aku ketahui setelah mencoba mencari kebenaran arah kiblat dengan menggunakan google earth. Dari situ baru aku tahu ternyata rumah yang selama ini aku anggap menghadap ke utara ternyata kenyataannya tidak tepat menghadap ke utara. 

Jadi bagi sobat sobat dan saudara saudara yang ingin mengetahui arah kiblat yang InsyaAllah mendekati kebenaran, Anda bisa menggunakan google earth  seperti yang sudah aku lakukan
Sedangkan langkah langkahnya sebagai berikut :

  • Yang pertama di lakukan adalah membuka aplikasi google earth. setelah siap, maka cari dan tandai letak Baitullah dengan tool pencarian google earth. Tentukan juga titik dimana letak rumah anda atau daerah tempat tinggal anda. Lalu hubungkan kedua titik tersebut dengan tool dari google earth yang untuk mengukur jarak antar 2 tempat. Kira kira jadinya seperti gambar di bawah ini.
  •  Setelah itu zoom tempat tinggal anda. Dengan mengabaikan menu kompas milik google earth, buatlah rumah anda seolah olah tepat menghadap te arah mata angin, Uratara tepat ke atas, selatan tepat ke bawah, barat tepat ke kanan dan timur tepat ke kiri, seperti pada contoh gambar di bawah ini, rumah tempat tinggalku aku buat tepat menghadap ke atas. Maka akan ditemukan arah kiblat dengan mengikuti garis penghubung yang tadi kita gunakan/pasang.
  •  Untuk mengetahui dengan daerah yang lebih luas, anda bisa sedikit menjauhkan lagi tampilan google earth, dan membuat garis yang tampak tadi tegak vertikal dengan memutar kompas google earth, seperti tampak pada gambar di bawah ini. Setelah itu tarik gambar orang yang ada di tampilan google earth dan letakkan di titik rumah tempat tinggal anda.
  •  Setelah itu geser gambar tampilan sampai mendapatkan benamh penghubung tadi tegak lurus vertikal seperti pada gambar di bawah ini. Jadi kalau kita lihat seperti pada gambar, kira kira arah kiblat kalau aku lihat dari tempat tinggalku, arahnya ke sekitar sisi luar dari  puncak gunung lawu. 
  • InsyaAllah dari semua itu, kita bisa menentukan arah kiblat sholat kita bisa mendekati ketepatan.  Sepertinya sangat sulit untuk bisa tepat 100 %, tetapi paling tidak kalau harus melenceng jadi tidak terlalu jauh. InsyaAllah bisa menambah mantaf kita dalam melakukan sholat.
Demikianlah sedikit berbagi pengalaman di postingan ini, semoga bermanfaat dan menambah mantaf hati kita dalam melakukan sholat. InsyaAllah.

Jarak rumahku ke Baitullah : 8445,88 Km
Arah : 104,3 Derajat


Artikel Terkait



Comments
3 Comments

3 komentar:

Unknown said...

Super sekali artikelnya.
terima kasih ilmunya sahabatku yang baik. insya Allah akan kucoba...

Prasetyo Budi said...

nah ini yang saya cari-cari ternyata ada disini, alhamdulilah sobat terima ksih atas sher nya..

vlog media news said...

Boleh nih di coba