Sabar Eling Narimo

Dalam masyarakat jawa tiga kata Sabar Eling Narimo tentunya tidak asing lagi. Memang tiga kata tersebut sering kali dijadikan pitutur dalam masyarakat jawa. Almarhum Kakekku juga sering  menasehati anak dan cucunya dengan kata Sabar Eling Narimo. Menjalani hidup dengan Sabar Eling Narimo.
Sabar Eling Narimo maksudnya kira kira seperti ini :

Sabar :
Kita menjalani hidup harus dengan penuh kesabaran. Menahan diri dari sifat gundah dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.

Eling :
Eling adalah ingat. Dalam hidup ini kita harus berusaha senantiasa ingat kepada Sang Pencipta Alam Semesta ini.  Jagad raya dan segala isinya ini termasuk kita manusia ada yang memiliki yaitu ALLAH AWT. Jadi kita manusia harus senantiasa berusaha selalu mengingatNYA.

Narimo :
Narimo adalah ikhlas. Kita harus ikhlas menerima apa yang telah diberikan ALLAH kepada kita. Apapun dan bagaimanapun keadaan dan jalan hidup kita ini memang sudah digariskanNYA. Dengan satu keyakinan yaitu hanya ALLAH yang tahu apa yang terbaik untuk umatNYA.

Untuk menjadi pribadi yang Sabar Eling Narimo tidaklah semudah mengatakannya. Tetapi walaupun begitu, kita harus senantiasa berusaha dan terus berusaha untuk melatih diri agar  bisa menjadi sosok yang Sabar Eling Narimo. Bukankah ALLAH tidak akan merubah nasib suatu kaum bila kaum itu tidak mau berusaha untuk merubah nasibnya sendiri?. Demikian juga kita kalau ingin menjadi sosok pribadi yang sabar eling narimo harus selalu berusaha dan terus berusaha. Tentang hasilnya kita serahkan kepada Sang Pencipta alam ini yaitu ALLAH SWT.
Bukan bermaksud untuk menggurui, karena aku pribadi juga masih dalam tahap belajar, tetapi insyaALLAH ini bisa sebagai sarana untuk menjadi pribadi yang sabar eling narimo. Khususnya bagi kita sebagai muslim, kita bisa belajar menjadi pribadi yang sabar eling narimo dengan meningkatkan kualitas sholat kita. Sesuai dengan ajaran islam, kita dalam mengerjakan sholat harus dengan khusuk dan tuma'ninah.

Khusuk
Dalam sholat kita harus senantiasa berusaha menfokuskan pikiran kita dalam meghadap ALLAH. Berusaha melupakan segala urusan dunia dan berusaha memfokuskan pikiran agar tercipta kedekatan yang sangat antara kita dan ALLAH SWT.
Dengan berusaha meningkatkan kekhusukan sholat kita berarti melatih kita untuk selalu ELING kepada Sang Pencipta.

Tuma'ninah
Tumakninah dalam sholat dapat dicapai dengan cara rileks dan tidak tergesa gesa dalam melaksanakan gerakan sholat, pikiran terfokus pada apa yang sedang kita kerjakan. Jadi setiap bacaan sholat harus dilakukan dengan tidak tergesa gesa dan setiap gerakan sholat dilakukan dengan sempurna.
Apabila kita berusaha meningkatkan tuma'ninah dalam sholat kita berarti kita juga melatih menjadi pribadi yang SABAR lan NARIMO.

Jadi dengan berusaha meningkatkan kualitas sholat kita berarti juga melatih pribadi kita menjadi pribadi yang Sabar Eling Narimo.

Semoga tulisan yang sangat sederhana dan masih dangkal ini bisa bermanfaat khususnya diriku pribadi dan pembaca pada umumnya. Bila ada salah semata mata karena kedangkalan pengetahuanku. Dan kebenaran hanya milik ALLAH SWT.

Artikel Terkait



Comments
6 Comments

6 komentar:

aida said...

yah... kita harus bisa menerima apapun keadaan kita dengan ikhlas. aku sedang berusaha untuk ikhlas ketika sesuatu yang telah kutunggu bertahun-tahun kini tak kunjung keluar.

cerita anak kost said...

wah pesan kake yang sangat dalam, sayang kakeku dulu ga pernah berpesan seperti itu dalam bahasa jawa. tapi nda papa, sama sama pesan baik ko

cerita anak kost said...

wah pesan kake yang sangat dalam, sayang kakeku dulu ga pernah berpesan seperti itu dalam bahasa jawa. tapi nda papa, sama sama pesan baik ko

Unknown said...

ALHAMDULILLAH..
ILMUKU BERTAMBAH..
TERIMA KASIH ILMU SAHABATKU YANG BAIK

Unknown said...

wahh posting yang bguss gan ..
absenn soreee

Urology Surgery in India said...

Thanks for sharing post – much appreciated and now following you! Looking forward to your Post....