Fenomena Alam Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total adalah fenomena yang sangat langka, karena hanya bayangan bulan jatuh ke permukaan bumi, orang di wilayah tersebut baru bisa menyaksikan gerhana matahari. Gerhana matahari total adalah suatu pemandangan alam sangat megah, oleh sebab itu ia sering menarik banyak orang untuk menyaksikan.
Iptek telah memberitahu, jarak bulan dari bumi, jarak rata-rata adalah 380.000 kilometer. Jarak matahari dari bumi, jarak rata-rata dari 150 juta kilometer. Jika kedua jarak tersebut dibagi, kita mendapatkan jarak matahari ke bumi adalah 395 kali jarak bulan ke bumi. Kita tahu bahwa diameter matahari sekitar 1,38 juta kilometer, diameter bulan ini sekitar 3400 km, jika kedua dibagi, diameter matahari juga adalah 395 kali lebih besar dari diameter bulan. Angka 395, suatu angka yang kebetulan, informasi apa yang yang diberikan kepada kita?
Coba pikirkan, diameter matahari adalah 395 kali lebih besar dari diameter bulan, tapi jarak matahari ke bumi adalah 395 kali, maka, karena perbandingan jarak terlalu kecil, ini membuat kedua benda langit bila dilihat dari bumi, permukaan bulatnya menjadi sama besar! Ketika terjadi gerhana matahari total dapat dilihat dengan jelas, kelihatannya bulan dan matahari saling tumpang tindih.

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar: