Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo adalah salah satu obyek wisata di Kabupaten Nganjuk. Obyek wisata Air Terjun Sedudo ini terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, yang berada di lereng Gunung Wilis. Ketinggian Air Terjun Sedudo sekitar 105 m. Tempat wisata yang berada di 1.438 meter diatas permukaan laut ini menyajikan suasana alam yang sejuk yang menjadi cirikhas daerah pegunungan bisa menjadi alternatif wisata yang memberikan suasana yang berbeda dari ruetnya suasana kota. Wisata alam Air Terjun Sedudo sangat mudah diakses dengan adanya jalan yang cukup memadahi, dan tersedia banyak fasilitas pendukung yang sangat menambah kenyamanan para pengunjungnya.

Mitos
Masyarakat setempat masih sangat mempercayai bahwasannya air terjun sedudo masih memiliki kekuatan supranatural yang konon katanya bisa membawa berkah dan bisa menjadikan orang awet muda.
Air Terjun Sedudo ini akan bertambah banyak pengunjungnya bila sudah tiba bulan Muharam ( Suro ) .
Setiap tanggal 1 Suro AAir Terjun Sedudo dijadikan tempat upacara ritual Upacara Prana Prahista yaitu upacara memandikan patung dan benda yang dianggap keramat, dan sisa airnya di percikkan ke anggota keluarga agar mendapat berkah dan awet muda.

Terlepas dari semua itu, Air Terjun Sedudo bisa kita jadikan alternatif wisata apabila kita sedang kerkunjung ke Kabupaten Nganjuk.

Artikel Terkait



Comments
1 Comments

1 komentar:

duniasharing said...

setiap air terjun selalu ada mitos ya, termasuk air terjun daerah saya bang,,


terima kasih infonya,

salam dan suport dari duniasharing